Analisis ATM Bank BRI

Analisis ATM Bank BRI

Analisis ATM Bank BRI

Analisis ATM Bank BRI
Analisis ATM Bank BRI

Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :

Correctness

  • Kelengkapan informasi

Pada ATM Bank DKI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, terdapat nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah seperti kartu tertelan.

  • Fitur tambahan

terdapat keterangan sisa saldo pada struk transaksi dan tips aman bertransaksi dengan ATM.

 

Reliability

  • ATM online 24 jam

ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.

  • Keragaman layanan

Terdapat layanan pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan telepon, pembayaran tagihan seluler antara lain Flexi, Kartu Halo, Matrix, Star one (in progres), Explore (in progres), Fren (in progres), dan Esia (in progres), pembayaran angsuran kendaraan bermotor, antara lain FIF (Federal Internasional Finance), BAF (Busan Auto Finance), dan SOF (Summit Oto Finance), pembayaran tagihan kartu kredit, seperti Kartu Kredit BRI, Kartu Kredit Standard Chartered Bank, Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered Bank, Kartu Kredit ANZ Panin Bank, Kartu Kredit Citibank, Personal Loan dan Citi Financial Citibank, Ready Cash Citibank, Kartu Kredit HSBC, Personal Loan HSBC, Kartu Kredit ABN AMRO, Kredit Tanpa Agunan ABN AMRO, pembayaran tiket maskapai penerbangan, seperti Garuda, Lion air , dan Mandala, speedy, pembelian pulsa, terdapat layanan transfer sesama DKI dan antar bank yang termasuk ATM bersama, terdapat layanan e-Banking BRI untuk kemudahan bertransaksi, dan juga bisa debet card.

  • Jaringan ATM

tergabung dalam jaringan BPD online, prima, mastercard, maestro, ATM link, BANKCARD (MEPS) dan cirrus

  • Fasilitas ATM bersama

Tergabung dalam ATM bersama.

  • Penanganan error

Jika ketersedianan uang habis di ATM akan muncul pesan ketika melakukan transaksi, seperti jika uang di ATM tidak tersedia maka akan muncul pesan saat ini uang tidak tersedia

 

Efficiency

  • Kecepatan transaksi

Dibandingkan dengan dua ATM yang dianalisis, yaitu ATM MAndiri dan ATM DKI, kecepatan transaksi ATM BRI lebih lama dibandingkan ATM Mandiri, tetapi lebih cepat dibandingkan ATM BRI.

 

Usability

  • Kemudahan penggunaannya

Terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari opening iklan – iklan BRI, pemilihan bahasa, fitur tambahan berupa tips aman bertransaksi di ATM, konfirmasi masukan PIN, pemilihan paket penarikan, pemilihan jenis transaksi. Terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan.

  • communicativeness

Terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi.