Bagaimana cara kerja ponsel Anda?

Bagaimana cara kerja ponsel Anda

Bagaimana cara kerja ponsel Anda?’

 

Bagaimana cara kerja ponsel Anda
Bagaimana cara kerja ponsel Anda

Bagi sebagian besar dari kita, ponsel adalah bagian dari hidup kita, tetapi saya yakin pikiran Anda yang penasaran selalu bertanya-tanya bagaimana ponsel dapat membuat panggilan, dan mengapa ada beberapa generasi komunikasi seluler.
Teknologi di balik komunikasi seluler
Ketika Anda berbicara di telepon, suara Anda diambil oleh mikrofon ponsel Anda, mikrofon mengubah suara Anda menjadi sinyal digital menggunakan sensor “MEMS” dan sirkuit terintegrasi, sinyal digital mengubah suara Anda menjadi 0 dan 1. Antena di dalam telepon menerima sinyal 0 dan 1 dan mentransmisikannya sebagai gelombang elektromagnetik, gelombang elektromagnetik mentransmisikan 0 dan 1 dengan mengubah karakter gelombang seperti amplitudo, frekuensi, fase, atau kombinasi keduanya.

Misalnya, dalam kasus frekuensi 0 dan 1, masing-masing ditransmisikan menggunakan frekuensi rendah dan tinggi, jadi jika Anda dapat menemukan cara untuk mengirimkan gelombang elektromagnetik ini ke ponsel teman Anda, Anda dapat membuat panggilan, tetapi gelombang elektromagnetik tidak dapat untuk melakukan perjalanan jarak jauh, mereka kehilangan daya karena kehadiran benda fisik, peralatan listrik, dan faktor lingkungan tertentu, pada kenyataannya, jika tidak ada masalah seperti itu gelombang elektromagnetik tidak akan merambat tanpa batas waktu karena struktur lengkung bumi.

antenne-reseau

Untuk mengatasi masalah ini, antena relay telah diperkenalkan menggunakan konsep teknologi seluler, dalam teknologi seluler, area geografis dibagi menjadi sel-sel heksagonal, masing-masing sel memiliki antena sendiri dan slot frekuensi umumnya antena ini dihubungkan dengan kabel atau lebih tepatnya optik serat, serat optik ini diletakkan di bawah tanah atau di lautan, untuk memastikan konektivitas nasional atau internasional. Gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh ponsel Anda, diambil oleh antena sel Anda diubah menjadi pulsa cahaya frekuensi tinggi, pulsa cahaya ini diangkut ke kotak transceiver dari pangkalan yang terletak di kaki antena, untuk diproses setelahnya , setelah diproses, sinyal suara Anda dialihkan ke antena tujuan.

Segera setelah pulsa diterima, antena tujuan memancarkannya ke arah luar dalam bentuk gelombang

elektromagnetik, dan ponsel teman Anda kemudian menerima sinyal, sinyal ini mengalami proses terbalik, dan teman Anda mendengar suara Anda.

Jadi memang benar, bahwa komunikasi seluler tidak sepenuhnya nirkabel, tetapi juga menggunakan media kabel, begitulah komunikasi seluler berlangsung.

Tetapi ada masalah besar, komunikasi seluler hanya berhasil ketika antena Anda mengirimkan sinyal ke antena teman Anda, tetapi bagaimana antena Anda sampai ke tempat antena teman Anda, dan baik untuk proses ini antena relay dibantu oleh apa yang disebut perpindahan seluler pusat, MSC adalah titik pusat dari sekelompok antena relay.
Apa itu MSC?
Ketika Anda membeli Kartu Sim, semua informasi berlangganan disimpan dalam MSC tertentu, MSC ini akan menjadi MSC Rumah Anda, MSC Rumah menyimpan informasi seperti paket, lokasi Anda saat ini dan status bisnis Anda jika Anda pindah ke luar lingkup MSC rumah Anda, MSC baru yang melayani Anda sebagai gantinya, dikenal sebagai “MSC asing” atau MSC Asing, saat Anda memasuki bidang MSC Asing, ia berkomunikasi dengan MSC rumah Anda, jadi MSC rumah Anda selalu tahu bidang MSC mana Anda di.

pusat-lokalisasi

Untuk memahami di mana sel pelanggan berada, MSC menggunakan beberapa teknik, salah satu caranya adalah memperbarui lokasi pelanggan setelah periode waktu tertentu ketika ponsel melewati sejumlah antena yang telah ditentukan, pembaruan lokasi dilakukan lagi, yang terakhir dan ketika telepon dihidupkan.

Mari kita coba memahami semua prosedur ini dengan bantuan contoh, mari kita asumsikan bahwa Emma ingin menelepon John ketika Emma memanggil nomor John, permintaan panggilan tiba di rumah MSC Emma, ​​setelah menerima nomor John, permintaan akan diteruskan ke rumah MSC John , sekarang MSC John memverifikasi apakah MSC-nya adalah yang digunakan, jika John berada di MSC rumahnya, permintaan panggilan akan segera dikirim ke lokasi selnya saat ini, dan ia akan memeriksa apakah John sudah melakukan kontak, atau apakah ponselnya mati , jika semuanya positif, telepon John akan berdering, dan panggilan akan tersambung.

Namun, jika John tidak berada di MSC rumahnya, MSC rumah John hanya akan meneruskan permintaan panggilan

ke MSC asing, MSC asing akan mengikuti prosedur yang dijelaskan di atas untuk menemukan telepon John dan kemudian membuat panggilan.

Untuk mentransfer 0 dan 1 dalam komunikasi digital, rentang frekuensi ditetapkan untuk setiap pelanggan, namun, spektrum frekuensi yang tersedia untuk komunikasi seluler sangat terbatas, dan ada milyaran pelanggan, sehingga masalah ini diselesaikan dengan menggunakan dua teknologi.
Distribusi saluran frekuensi dan berbagai teknologi akses
Pada teknik pertama, interval frekuensi yang berbeda dialokasikan dengan hati-hati ke antena yang berbeda, dalam teknik akses berganda, interval frekuensi ini didistribusikan secara efisien di antara semua pengguna yang aktif di area sel.
Mengapa ada berbagai generasi teknologi ponsel
Awalnya, 1G memungkinkan pengguna, untuk pertama kalinya, melakukan tanpa kabel untuk melakukan panggilan, tetapi 1G menghadirkan dua masalah utama, masalah pertama adalah transmisi nirkabel dalam format analog, sinyal analog mudah rusak oleh sumber eksternal, suara Oleh karena itu kualitas dan keamanan buruk, masalah kedua adalah penggunaan teknologi akses berganda pembagian frekuensi yang menggunakan spektrum yang tersedia secara tidak efisien, faktor-faktor ini membuka jalan bagi komunikasi seluler generasi kedua. 2G menggunakan teknologi akses berganda digital, yaitu TDMA atau CDMA, generasi kedua, juga meluncurkan layanan data revolusioner, SMS, dan penelusuran internet.

3G berfokus pada kecepatan transfer data yang lebih tinggi, untuk melakukan ini menggunakan teknik akses ganda

WCD, dan untuk meningkatkan bandwidth, 3G pada kecepatan 2 megabit per detik, memungkinkan transfer data untuk penggunaan seperti GPS, video, panggilan suara, dll., 3G adalah langkah besar ke depan dalam mengubah telepon dasar menjadi smartphone. 4G kemudian mencapai kecepatan 20 hingga 100 megabit per detik, yang cocok untuk film dan televisi resolusi tinggi, kecepatan yang lebih tinggi ini dimungkinkan oleh teknologi akses ganda OFD, dan teknologi MIMO. MIMO menggunakan beberapa antena penerima di dalam ponsel dan stasiun pangkalan. Generasi 5G mobile selanjutnya

Baca Juga