Bagaimana cara memproduksi (How to produce)

Bagaimana cara memproduksi (How to produce)

Setelah adanya kepastian mengenai jenis dan jumlah barang yang dikehendaki masyarakat, langkah berikutnya adalah melakukan persiapan untuk memproduksi produk tersebut.

Biasanya hal ini berkaitan dengan teknologi atau metode produksi apa yang akan digunakan untuk memproduksi barang/jasa tersebut, berapa jumlah tenaga kerja, jenis mesin apa, serta bahan mentah apa yang akan digunakan. Perlu juga faktor-faktor penting yang dipertimbangkan antara lain:

  • Bagaimana memilih kombinasisumberdaya yang digunakan , yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal, sehingga diperoleh hasil optimal dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.
  • Bagaimana mengelola biaya produksiagar dengan biaya minimum diperoleh laba maksimum.

    • Manakah yang harus lebih dominan, intensifikasi modal (lebih banyak menggunakan mesin/peralatan) atau intensifikasi tenaga kerja (padat karya)? Cara produksi padat karya mungkin hasilnya kurang banyak, tetapi memberikan kesempatan kerja bagi orang banyak

    • Bagaimana kestabilan harga dan nilai uang serta pengaruh ekonomi dunia

  1. Untuk Siapa barang dan jasa didistribusikan (For Whom)

Hal ini juga berkaitan dengan cara mendistribusikan barang atau jasa ke dalam pasar. Edngan katalain siapa yang membutuhkan barang tersebut dan siapa saja yang menikmati hasilnya. Untuk merumuskan jawaban dari pertanyaan “untuk siapa” hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Siapa pengguna atau pemakai produk yang diproduksi?
  • Bagaimana cara distribusi agar barang atau jasa sampai pada konsumen?
  • Apakah angkatan kerja mendapat pekerjaan atau tempat mencari nafkah?

Kalau tingkat pengangguran tinggi, daya beli masyarakat akan rendah dan berakibat pada terbengkalainya hasil produksi.

Setelah ada penentuan yang jelas tentang barang atau jasa apa yang akan diproduksi,bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi (what, how, dan for whom) langkah selanjutnya adalah melaksanakan produksi sesuai rencana tersebut.

Dalam pelaksanaan ini perlu konsistensi agar tidak ada pihak yang mengalami kerugian. Untuk itu harus teliti benar dalam merumuskan tiga permasalahan pokok ekonomi tersebut.

sumber :

https://goodluckdimsum.com/soccer-revolution-apk/