Bertahajjudlah

Bertahajjudlah

Bertahajjudlah

 

Bertahajjudlah
Bertahajjudlah

Qiyamul lail

merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada sepertiga malam terakhir yang biasa di sebut “bertahajjud”. Qiyamul lail akan menciptakan kebahagian jiwa dan kedamaian di dalam dada. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam telah menyebutkan di dalam Hadist Sahih bahwa seorang hamba yang bangun tengah malam, ingat Allah, kemudian mengambil wudhu’,dan melakukan shalat, maka dia akan semakin energik dan jiwanya menjadi tenang.

Baca Juga: Kalimat Syahadat

QS. Adz-Dzaariyaat: 17

Allah Ta’ala berfirman :
“Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam.” (QS. Adz-Dzaariyaat: 17)

QS. Al-Israa: 79

Dalam firman-Nya yang lain:
“Dan, pada sebagian malam hari bersembahyang tahjjudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu.” (QS. Al-Israa: 79)

Qiyamul lail ini “akan atau dapat menghilangkan penyakit dalam tubuh”.

Dalam Hadist Sahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud : “Wahai fulan, janganlah engkau menjadi seperti fulan. Dulunya rajin melakukan bangun tengah malam, namun kemudian dia meninggalkannya.”

Dalam Hadist yang lain disebutkan:
“Sebaik-baiknya hamba adalah pada saat dia melakukan qiyamul lail.”

°°Tak usah menangisi sesuatu yang fana. Sebab segala sesuatunya yang ada di alam ini adalah fana, kecuali Dzat Allah Yang Maha Suci.°°

QS. Al-Qashash: 88

Allah Ta’ala berfirman:
“Tiap-tiap sesuatu pasti binasa kecuali wajah-Nya (Allah).” (QS. Al-Qashash: 88)

QS. Ar-Rahmaan: 26-27

Dalam firman-Nya yang lain:
“Semua yang ada di dunia ini akan binasa. Dan, tetap kekal wajah Rabb-mu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (QS. Ar-Rahmaan: 26-27)

Orang yang menyesalkan keduniaannya tak ubahnya seperti anak kecil yang kehilangan sebuah mainannya. Oleh kerena, sebagai hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang beriman, kita harus menyadari dengan melakukan shalat sepertiga malam (tahajjud), merupakan sebab hilangnya segala penyakit yang ada dalam dada dan menyebabkan jiwa kembali menjadi tenang. Bertahajjudlah bersama orang-orang yang bertahajjud, Insyaa Allah akan mendapatkan titik terang dan jiwa kembali suci.

Semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan untuk tetap istiqomah menjalankan Sholat Tahajud. Aamiin.