Bocah Pembeli Ice Cream

Bocah Pembeli Ice Cream

Bocah Pembeli Ice Cream

Bocah Pembeli Ice Cream
Bocah Pembeli Ice Cream

 

Pada sekitar tahun 1930-an

Ketika itu harga es krim sundae masih terbilang murah. Suatu hari, ada seorang bocah laki-laki berumur kurang-lebih 10 tahun mendatangi sebuah kedai kopi dan duduk disalah satu meja. Tak lama seorang pelayan menghampirinya dan menaruh segelas air di depannya.
“Berapa harga es krim sundae?” tanya bocah itu.

“50 sen,” jawab si pelayan.

Bocah itu mengeluarkan kepingan uang dari kantong celananya dan menghitungnya. “Hmmm… Kalau es krim yang biasa berapa?” tanyanya lagi.
Saat itu, sudah banyak pelanggan yang menunggu untuk dilayani. Dan si pelayan menjadi tidak sabar. “35 sen,” jawabnya dengan kasar.

Bocah itu menghitung uangnya sekali lagi dengan hati-hati.

“Aku pesan yang biasa saja,” lanjutnya. Tak lama kemudian, si pelayan membawa pesanan bocah itu dan menaruh bonnya di meja, lalu dia pergi. Setelah menghabiskan es krimnya, ia membayar ke kasir dan pergi. Ketika si pelayan hendak membersihkan meja yang tadi dipakai bocah itu, ia kaget dan mulai menangis. Di samping piring tempat es krim terselip dua koin bernilai 5 sen dan lima koin bernilai 1 sen. Inilah alasannya bocah tadi tidak jadi memesan es krim sundae karena ia ingin memberikan uang tips yang layak kepada si pelayan.

Bukankah kita sering kali bersikap seperti pelayan tadi? Kadang kita selalu cepat menghakimi orang lain. Selalu melihat suatu keadaan atau kejadian dari satu sisi saja. Sesuatu yang tampak tidak baik di satu sisi belum tentu tidak baik juga di sisi yang lain.
Seperti pada cerita di atas, tindakan si bocah yang membuat si pelayan jengkel ternyata berujung pada maksud dan niat yang baik. Dan sayangnya, si pelayan terlambat menyadarinya. Nah, sebelum kita mengalami hal yang sama seperti pelayan tadi, mari belajar untuk memahami suatu kejadian atau seseorang dari berbagai sisi, sehingga kita bisa mengambil tindakan atau mengeluarkan perkataan yang tidak akan kita sesali di kemudian hari.

Sumber : https://merekbagus.co.id/