Brand Pernis Kayu Water Based Finishing Indoor

Brand Pernis Kayu Water Based Finishing Indoor

Brand Pernis Kayu Water Based Finishing Indoor

Brand Pernis Kayu Water Based Finishing Indoor
Brand Pernis Kayu Water Based Finishing Indoor

Pernis Kayu Adalah Bahan Favorit

Yang banyak digunakan oleh para DIY woodworking. Dan sayangnya walaupun sering digunakan banyak orang yang tidak puas dengan hasil finishing mereka. Alasannya adalah proses aplikasi yang buruk ditambah dengan pemilihan pernis yang salah. Satu lagi alasan yang sering muncul adalah tidak sesuai dengan jenis furniturenya.

Memilih pernis yang terbaik adalah langkah utama yang sangat penting untuk sukses dalam mengecat. Kunci utama dari bahan pernis yang baik adalah resin sintetik dan ada ratusan kombinasi dan formula yang diciptakan.

 

Banyaknya jenis pernis yang diciptakan dan dibagi sebagai berikut ini:

  • Pernis eksterior, jenis ini sering disebut sebagai ‘spar varnish’ dan ‘marine varnish. Dilihat dari kemampuannya pernis ini lebih mudah disebut sebagai pernis eksterior. Produk ini mengandung resin spesial dan bahan-bahan yang tahan terhadap kelembaban, panas matahari, dan kondisi cuaca luar ruangan lainnya. Vernis jenis ini paling sering digunakan untuk pintu eksterior, furniture outdoor hingga kapal.
  • Pernis kayu standar, pernis ini terkenal dengan penis solvent dan minyak. Pernis jenis ini banyak mengandung resin alkyd dan berbagai jenis bahan organik lainnya.
  • Polyurethane, pernis ini dahulu dikenal dengan nama urethanes. Terdapat kandungan resin polyurethane yang sangat kuat dan sering digunakan sebagai pelapis kayu, meja bar, atau furniture dan kayu yang sering digunakan. Beberapa orang menyebutnya dengan bahan finishing plastik.
  • Pernis water based, pernis jenis ini disebut juga dengan pernis acrylic. Vernis ini berbeda dengan jenis pernis standar lainnya, bahan pelarut yang digunakan adalah air sehingga jika ditilik dari keamanannya pernis ini yang paling diandalkan. Pernis kayu water based adalah jenis bahan finishing yang memiliki banyak keuntungan dan cocok digunakan bagi para DIY. Pernis ini cepat kering, memiliki bau yang tidak menyengat, dan sangat mudah diaplikasikan dengan kuas.

 

Apabila ditinjau dan dibandingkan lebih lanjut dari keempat jenis pernis tersebut

Pernis water based adalah pernis yang disarankan untuk digunakan. Pernis ini memberikan Anda banyak keuntungan bahkan tidak berbahaya dan menimbulkan api. Bahan dasar dan pelarut air membuatnya tidak mudah terbakar ketika disimpan. Berbeda dengan pernis minyak yang akan menghantarkan api.

Hasil finishing yang diberikan oleh cat water based tidak akan terlalu gelap seperti pernis kayu yang lainnya. Pernis water based akan memberikan hasil warna yang sama seperti kayu. Jadi tampilan transparan akan didapatkan dengan mudah.

Hasil tampilan pernis sangat bervariasi. Kebanyakan pernis memberikan hasil finishing tampilan gloss, semi gloss hingga satin. Banyak penghobi lebih memilih tampilan satin namun proses aplikasinya harus lebih berhati-hati baik pada saat pengadukan cat dan pengaplikasiannya.

Perbandingan furniture tidak difinishing dan difinishing dengan pernis water based

Beberapa profesional finishing lebih menganjurkan para penghobi untuk menggunakan hasil finishing pernis tampilan gloss. Pernis gloss akan memberikan hasil yang lebih tahan gores, tahan terhadap cuaca. Bagi yang tetap ingin mendapatkan hasil tampilan satin bisa memberikan compound untuk menurunkan tampilan gloss. Biasanya langkah ini dilakukan pada pernis polyurethane.

Sumber : https://merkterbaik.com/