Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper Sendiri

ayam petelur

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper Sendiri

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper Sendiri-Selain pakan utama, ternak ayam juga perlu mendapatkan pakan alternatif yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas daging atau telurnya. Satu lagi alasan para peternak memilih menghadirkan pakan alternatif adalah untuk menekan pembiayaan pakan ternak. Selain pakan alternatif berbahan dasar dedak, tepung dan biji-bijian, ada juga pakan fermentasi. Selengkapnya, berikut adalah cara membuat pakan fermentasi ayam joper yang bisa dibuat sendiri,

Cara Membuat Pakan Fermentasi Ayam Joper Yang Bisa Dibuat Sendiri

1. Pakan Biji Jagung

Cara membuat pakan fermentasi ayam joper yang pertama menggunakan biji jagung yang difermentasikan. Caranya cukup mudah, siapkan dahulu bekatul atau dedak, biji jagung yang sudah digiling, sayur hijau seperti daun pepaya dan daun singkong, Em4 dan probiotik/ragi. Daun-daun yang dicampurkan, dicincang terlebih dahulu hingga berukuran kecil setelah itu dicampur dengan dedak, tepung biji jagung lalu aduk hingga merata. Setelah dirasa merata, tambahkan tetes tebu atau Em4 sebanyak 6cc, ragi/probiotik 6cc dan air sebanyak 1 liter, aduk hingga merata. Setelah adonan sudah tercampur rata, tuang adonan ke tong atau tempat yang bisa ditutup dengan rapat, lalu tunggu 2 sampai 4 hari agar adonan berfermentasi sempurna.

2. Pakan Ampas Tahu

Cara membuat pakan fermentasi ayam joper yang selanjutnya memanfaatkan limbah ampas tahu yang bisa dibeli dengan harga yang murah. Mula-mula ampas tahu dikeringkan dengan cara dikeringkan dengan sinar matahari atau juga memakai mesin press. Setelah tahu dirasa sudah kering maka ampas tahu sudah siap untuk dikukus, setelah dikukus barulah ampas tahu dikasih probiotik atau ragi. Sebelumnya aktifkan bakteri ragi dengan mencampurkan air 1 liter yang sudah diberikan 2 sendok gula lalu diamkan probiotik selama 15 hingga 120 menit. Setelah ampas tahu dirasa sudah dingin, ampas tahu bisa ditambahkan probiotik tadi dengan cara diemprotkan dan tunggu hingga tahu memiliki bau seperti tape. Tempatkan ampas tahu di wadah yang tidak bisa dimasuki udara dan sinar matahari.

3. Pakan Dedak

Cara membuat pakan fermentasi ayam joper ini lebih praktis dan lebih simpel dibandingkan dengan kedua resep di atas. Mula-mula siapkan wadah beserta tutupnya kemudian masukan bekatul atau dedak dengan komposisi sesuai selera. Kemudian tambahkan air campuran gula sebagai bahan pengaktivasi probiotik nantinya. Setelah air gula sudah ditambahkan, kemudian masukan probiotik atau ragi ke dalamnya, aduk hingga adonan rata. Usahakan wadah bisa ditutup dengan rapat hingga kedap udara, lalu diamkan selama 5 hari. selama proses pendiaman usahakan untuk membuka wadah selama 15 menit saja agar wadah tidak kelebihan tekanan.

4 Efektivitas Pakan Fermentasi

Pakan fermentasi adalah pakan selingan untuk ayam joper pedaging, tidak dianjurkan untuk diberikan kepada ayam joper petelur. Kandungan bakteri ini memang memengaruhi kelancaran pencernaan ayam joper namun apabila ayam petelur diberikan pakan alternatif, maka akan berakibat kerugian. Produktivitas telur akan menurun apabila konsumsi pakan fermentasi diberikan pada ayam. Sebelum memberi pakan fermentasi alangkah baiknya anda mendiamkannya dahulu selama 5 atau 10 menit untuk menetralkannya.
Itulah beberapa cara membuat pakan fermentasi ayam joper yang bisa diterapkan sendiri. Meskipun tujuan pakan fermentasi dibuat untuk memangkas pembiayaan, alangkah baiknya anda tetap menyediakan pakan utama. Jadikan pakan fermentasi sebagai selingan, apabila pakan fermentasi sering diberikan, maka khasiatnya malah menjadi penyakit. Semua bahan yang memiliki serat bisa dijadikan bahan utama pembuatan pakan fermentasi. Anda bisa mengganti dedak, biji jagung dan ampas tahu dengan bahan tinggi serat lainnya.