Contoh Pertanyaan Untuk Manajemen Pemasaran

Contoh Pertanyaan Untuk Manajemen Pemasaran

Contoh Pertanyaan Untuk Manajemen Pemasaran

 

Contoh Pertanyaan Untuk Manajemen Pemasaran

 

1. Berikan uraian lengkap mengenai STP (Segmentation, Targeting dan Positioning) dan berikan 1 contoh yang berurutan dari segmentasi, targeting dan positioning produk tersebut!

Jawaban :

1. Segmentation ada dua yaitu Segmentation pasar dan Segmentation Pasar Global

  • Segmentation Pasar adalah Suatu proses membagi pasar ke dalam sekelompok pelangan yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa.
  • Segmentation Pasar Global adalah Suatu proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan tertentu yang memiliki perilaku yang sama atau memiliki kebutuhan yang serupa

Dasar Segmentation dan contohnya:

  1. Geografis : Wilayah, ukuran Kota, kepadatan, iklim, artinya Pembagian pasar dunia ke dalam daerah geografis.

Keuntungan: pasar dalam segmen ini lebih dekat satu dengan yg lain dan lebih mudah untuk dikunjungi dalam perjalanan yg sama serta perbedaan waktu yg kecil atau mungkin tidak ada

Kelemahan: Walaupun berada di wilayah yg sama tidak menjamin negara-negara tersebut memiliki kesamaan.

Contohnya Jepang dan Vietnam

  1. Psychografis : Gaya hidup & Kepribadian, artinya Melibatkan pengelompokkan orang-orang dalam hal perilaku, nilai, dan gaya hidup

Contohnya Porsche Cars North Amerika diperuntukkan bagi lelaki usia 40 tahun ke atas, sarjana, dan memiliki pendapatan $200,000 per tahun

  1. Demografis : usia, kelamin, keluarga dan siklus hidup, Ras, pekerjaan, atau penghasilan, artinya Karakteristik populasi yang dapat diukur seperti usia, gender, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan

Contohnya Coca-Cola, Benetton, Swatch, Sony, MTV adalah perusahaan yang target utamanya adalah para remaja.

 

2. Targeting adalah Suatu kegiatan dalam mengevaluasi dan membandingkan kelompok yg sudah teridentifikasi untuk kemudian dipilih satu atau beberapa yang memiliki potensi tertinggi

Dasar Targeting dan contohnya:

  1. Ukuran Segmen dan Potensi Pertumbuhan

Rasio pemakai komputer di AS adalah 1:4 sementara di China adl 1:6000

  1. Persaingan

Kodak vs Fuji

  1. Sesuai dan Layak

Pepsi vs Coca-Cola

 

3. Positioning adalah Penanaman suatu produk di benak konsumen.

Pendekatan dalam posisioning global:

  1. High Tech Positioning
  • Produk yang dibeli berdasarkan fitur konkrit suatu produk. Para pembeli biasanya membutuhkan informasi teknis
  • Komputer, video, stereo, mobil
  • Dibagi menjadi tiga kategori yaitu:
  • Technical products: pembeli memiliki kebutuhan khusus, membutuhkan informasi produk, memiliki bahasa yg umum à PC
  • Special interest products: less technical more leisure or recreation, berbagi pengalaman dgn keterlibatan yg tinggi diantara para pengguna, memilki bahasa dan simbol yg diketahui scr umum à Adidas
  • Products that demonstrate well: “speak for themselves” à Polaroid
  1. High Touch Positioning
  • Lebih menitikberatkan kpd citra, sangat terlibat dgn konsumen, memiliki bahasa yg umum dan seperangkat simbol yg berhubungan dengan kemakmuran, materi, dan romance.
  • Dibagi ke dalam tiga kategori yaitu:
  • Products that solve a common problem: menonjolkan manfaat suatu produk à iklan minuman yg menyegarkan pada saat cuaca sangat panas .
  • Global village products: produk yg memiliki kesan “cosmopolitan in nature” dan memiliki “global appeal”à Levi’s, Marlboro, Harley – Davidson (AS), Sony (Jepang, Mercedes (Jerman).
  • Products that use universal themes: materialism (kemakmuran dan sosial status), heroism (self sacrifice), play (santai, rekreasi), procreation (citra keramahan dan percintaan)

 

 

2. Menurut Anda, bagaimana peran training atau pelatihan bagi seorang armada penjualan?

Jawaban:

Training atau pelatihan adalah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kinerja kita dalam melakukan pekerjaan, baik pekerjaan secara fisik maupun pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, terutama dalam perkembangan dari masing-masing individu. Dengan training pengembangan diri (self development), diharapkan kita dapat bertambah wawasan, berubah sikap, dan berkembang kepribadian. Dengan adanya training atau pelatihan bagi armada penjualan dapat menentukan bagaimana organisasi akan menggunakan fungsi penjualan pribadi untuk mempertahankan kontak dengan pelanggan dan mengembangkan hubungan yang manajemen butuhkan untuk mencapai tujuan pemasaran dan promosi.

 

 

3. Menurut Anda, apa pentingnya memberikan kepuasan kepada pelanggan? Jelaskan!

Jawaban :

1. Kepuasan pelanggan menurut saya adalah merupakan hal yang sangat penting atau diprioritaskan agar bisnis tersebut bisa bertahan dan bisa menang dalam persaingan. Meskipun memang tidak gampang untuk mewujudkan kepuasan pelanggan secara menyeluruh. Sekarang pelanggan yang dihadapi saat ini berbeda dengan pelanggan pada beberapa tahun sebelumnya. Kini pelanggan sudah memiliki banyak pengetahuan seiring dengan perkembangan yang sudah terjadi baik itu dalam sektor bisnis, teknologi dan lain sebagainya. Mengingat pelanggan semakin terdidik dan menyadari hak-haknya. Selain itu setiap pelanggan juga mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Perusahaan harus berusaha meminimalkan ketidakpuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang semakin hari semakin baik. Dan pada saat bersamaan, perusahaan perlu pula memperhatikan konsumen yang merasa tidak puas. Melihat pentingnya peranan pelanggan dalam perkembangan suatu perusahaan, perusahaan harus mengetahui seberapa puaskah pelanggan terhadap pelayanan yang mereka berikan baik itu melalui pelayanan jasa atau barang yang di produksi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan dapat mengukur dan memantau kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang mereka berikan dengan menggunakan beberapa strategi atau metode. Namun yang perlu untuk diperhatikan bahwa aktivitas penting yang dilakukan untuk mencapai kepuasan pelanggan adalah dengan terlebih dahulu memahami perilaku pelanggan yang tidak puas serta menerapkan beberapa srategi untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan dan dengan hasil penilaian yang ada dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih untuk memuaskan keinginan dari pelanggan dan membuat perusahaannya dapat lebih berkembang dalam dunia bisnis.

2. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan karena kepuasan pelanggan mempunyai konstribusi yang besar terhadap aspek-aspek penting dalam perusahaan. Pelanggan mempunyai pilihan, jika mereka tidak puas atau tidak menyukai apa yang ditawarkan perusahaan, mereka dapat pergi atau beralih ke produk lain. Perusahaan harus mewaspadai tingkat kepuasan yang cukup, karena dengan semakin menurunnya kepuasan pelanggan, maka keinginan pelanggan untuk berpindah merek akan semakin tinggi.

3. Anda adalah asisten Middle Manager pada Departemen Pemasaran sebuah perusahaan. Di hari pertama Anda bekerja, Anda diminta memperoleh informasi tentang penilaian kepuasan konsumen terhadap produk X yang baru diluncurkan tiga (3) bulan yang lalu oleh perusahaan. Sebut dan jelaskanlah tentang cara Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut!

 

 

4. Jelaskanlah bagaimana dampak ketidakpuasan pelanggan bagi perusahaan!

Jawaban :

Sebagai asisten Middle Manager pada Departemen Pemasaran cara saya untuk menilai kepuasan konsumen terhadap produk X yang baru diluncurkan 3 bulan yang lalu ada 4 metode, yaitu:

  1. Sistem keluhan dan saran terhadap produk X, jadi di sini konsumen dapat kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan saran, pendapat dan keluhan mereka. Media yang bisa digunakan meliputi kotak saran yang diletakkan di tempat-tempat strategis, menyediakan kartu komentar, menyediakan saluran telepon khusus, dll. Baca Juga: Rotasi Bumi Informasi yang diperoleh melalui metode ini dapat memberikan ide-ide baru dan masukan yang berharga kepada produk X tersebut, ,sehingga memungkinkannya untuk memberikan respon secara cepat dan tanggap terhadap masalah yang timbul.
  2. Survai kepuasan konsumen melalui produk X yang akan memperoleh tanggapan dan umpan balik secara langsung dari pelanggan dan sekaligus juga memberikan tanda (signal) positif bahwa produk X mempunyai nilai plus terhadap para konsumennya. Dengan cara penilaian sebagai berikut: sangat tidak puas, tidak puas, netral, puas, sangat puas.