CONTOH RESENSI BUKU PENGETAHUAN

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan – Resensi atau ulasan sebuah buku merupakan salah satu cara untuk mengenalkan sebuah buku. Pada resensi kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah buku dari berbagai segi. Membaca resensi sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran awal sebelum akhirnya kita memutuskan untuk membeli sebuah buku.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah contoh resensi buku pengetahuan. Sebelum kita membuat sebuah resensi buku kita harus memperhatikan unsur-unsur resensi buku yang mencakup :
1. Identitas buku
2. Ikhtisar buku
3. Kepengarangan
4. Kelebihan dan kekurangan buku

Setekah kita mengetahui apa saja yang harus tercantum dalam resensi buku, kita bisa mulai untuk mengindetifikasi buku yang akan kita resensi. Setelah itu kita kemukakan secara detail seluk-beluk isi buku dari segi kelebihan maupun kekurangan buku tersebut.

Berikut Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Contoh Resensi Buku Pengetahuan
Contoh Resensi Buku Pengetahuan



Judul Buku         :  Masa Kehamilan & Pasca Melahirkan
Penulis                : dr. Lestari Handayani, M.Med (PH)
Penyunting         : Tetty Yulia
Penerbit              : Agromedia Pustaka
Tahun Terbit       : 2003
Tebal Buku         : 103 halaman
No. ISBN            : 979-3357-59-2

Kehamilan merupakan proses normal yang terjadi pada makhluk hidup, termasuk manusia sebagai upaya alamiah untuk berkembang biak. Pada usia kehamilan yang cukup panjang, yaitu sekitar 9 bulan dapat terjadi berbagai gangguan, demikian juga pada proses persalinan. Angka kematian ibu (MMR : Maternal Mortality Rate) dan bayi (IMR : Infant Mortality Rate) di Indonesia masih cukup tinggi. Walaupun berbgai upaya telah dilakukan oleh pmerintah dalam menekan angka ini.

Buku ini ditujukan untuk para ibu yang sedang mengandung dan setelah melahirkan. Dalam buku ini penulis berusaha menjembatani budaya tradisional yang masih dilakukan oleh masyarakat dengan ilmu modern yang terus berkembang. Kajian dari berbagai literatur baik berupa penelitian, maupun pengalaman dan praktek tentang perawatan tradisional menggunakan cara dan obat tradisional berusaha dituangkan di buku ini.

Buku ini sangat komunikatif, disusun dengan sistematis dan membuat pembaca bisa mengikuti bagian demi bagian dari buku ini dengan mudah. Disusun dalam 6 bab, buku ini sangat mendetail dan menyajikan semua kebutuhan ibu hamil dan setelah melahirkan. Buku ini mengupas tuntas perawatan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dari masa kehamilan sampai pasca melahirkan. Cakupan pembahasan cukup lengkap dimulai dari masa awal kehamilan, perawatan masa hamil, gangguan kesehatan saat hamil, perawatan pasca persalinan, tanaman obat yang digunakan, serta panduan obat untuk masa hamil dan pasca persalinan.

Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi untuk memudahkan pemahaman pembaca. Selain itu bahasa yang komunikatif dan mudah dicerna menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari buku ini. Buku ini menggunakan dua jenis kertas yaitu HVS dan art paper, pada halaman-halaman tertentu terdapat gambar-gambar berwarna, namun lebih banyak menampilkan gambar-gambar monokrom hitam putih.

Karena keterbatasan pengetahuan pembaca, sejauh ini, belum ditemukan kelamahan pada buku ini. Secara umum buku ini bisa dikatakan lengkap dan sangat cocok untuk dibaca oleh Ibu hamil dan pasca melahirkan. Bisa disimpulkan bahwa buku ini sangat bermanfaat dan layak dimiliki oleh pasangan yang sedang menanti kelahiran buah hatinya.


Demikian postingan tentang Contoh Resensi Buku Pengetahuan. Semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Baca Juga : contoh teks editorial