Dampak Krisis Ekonomi Global terhadap Perekonomian Indonesia

Dampak Krisis Ekonomi Global terhadap Perekonomian Indonesia

        Asumsi inflasi dalam APBN 2008 yang ditetapkan sebesar 6,5% menurut Adiningsih (Ekonom dari Universitas Gajah Mada ) dalah harian Suara karya (16/4/08), dapat melebihi 10% akibat tekanan berat dari kondisi perekonomian global yang berada diluar kendali pemerintah. Adiningsih mengemukakan bahwa seharusnya pemerintah menysun APBN secara konservatif,karena apabila APBN dirubah terus,tentu akan menimbulkan keridakpercayaan masyarakat. Dia juga mengungkapkan bahwa dunia usaha juga tergantung pada pengelolaan dan realisasi APBN. Apabila APBN tidak konsisten,maka dapat dipastikan dunia usaha akan sulit tumbuh,sehingga sulit diharapkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Mengenai besaran asumsi inflasi dalam APBNP,menurutnya tidak masuk akal,karena pada akhir tahun 2008 terdapat beberapa hari raya yang sudah memicu inflasi lebih tinggi. Disamping itu harga minyak mentah yang masih akan melambung dan harga pangan dunia yang meroket. Hal ini akan mempengaruhi harga komoditas di dalam negri. Tidak semua komoditas dapat dikendalikan oleh pemerintah. Tambahan lagi,banyak barang import termasuk yang illegal masuk ke pasar indonesia. Hingga akhir tahun ini diperkirakan gejolak pasar Keuangan dunia belum akan reda. Seandainya amerika serikat meningkatkan suku bunga kredit,akan berdampak terhadap indonesia dan dikhawatirkan inflasi akan melebihi satu digit.

      Dalam menghadapi situasi perekonomian global yang tidak pasti,Raden Pardede (salah satu calon gubernur BI yang di tolak DPR) mengemukakan pendapatnya bahwa pemerintah harus membatasi besaran anggaran untuk subsidi. Menurutnya dengan asumsi harga minyak mentah sebesar US$ 95per barel,total subsidi mencapai sekitar 33triliun. Jika harga minyak tenryata lebih dari US$ 100 per barel,diperkirakan lebih dari 30% anggaran belanja habis untuk subsidi,bagai mana dengan sektor lainnya,katanya.

 

Berkaitan dengan kekurangan dana dalam APBN pasti dicarikan melalui pembiayaan yang salah satunya adalah dengan penertiban Surat Utang Negara (SUN) disesuaikan dengan melihat kemampuan pasar untuk menyerapnya. Tetapi jika subsidi tidak dibatasi,investor akan khawatir mengenai kemampuan negara dalam melakukan pembayaran. Hal ini dapat menimbulkan ketidak pastian dan rendahnya daya serap SUN. Pendapat dari kedua pengamat ekonomi tersebut perlu diperhatikan sebagai informasi untuk mewaspadai bahwa kondisi perekonomian dunia yang saat ini sedang bergolak penuh ketidak pastian akan berdampak terhadap tingkat inflasi,alokasi anggaran untuk subsidi dan daya serap SUN untuk pembiayaan deficit APBN. Namun demikian,apabila dalam perjalanannya asumsi-asumsi dalam APBNP 2008 meleset jauh dari kenyataan,pengamat ekonomi tidak seharusnya semata-mata menyalahkan pemerintah,karena APBNP 2008 tersebut merupakan hasil pembahasan dan kesepakatan antara pemerintah dengan DPR. Tambahan lagi,jika asumsi dalamAPBNP tidak sesuai lagi dengan perkembangan kondisi perekonomian,mau  tidak mau APBN 2008 harus direvisi kembali. Krisis keuangan yang terjadi di AS sudah terlihat tanda-tandanya beberapa waktu lalu. Tetapi baru dianggap serius oleh pemerintah Indonesia sejak tanggal 8 oktober 2008 saat IHSG di BI turun tajam sampai 10,38% dan mengharuskan pemerintah menghentikan kegiatan dipasar bursa modal beberapa hari. Sebenaranya banyak akibat yang di rasakan oleh Indonesia dengan adanya krisis keuangan di AS,baik akibat positif seperti turunnya harga minyak dunia yang menembus $61 per barel dan akibat negative seperti turunnya nilai rupiah,berkurangnya nilai export,turunya investasi atau terjadi flyingout,namun demikian akibat negatif lebih banyak dirasakan bagi perekonomian Indonesia terutama bagi sektor riil yang mempunyai pangsa ekspor,pemerintah harus sungguh-sungguh menangani masalah ini karena pada akhirnya apabila tidak ditangani dengan benar akan mengakibatkan distabilitas negara atau sering orang bilang akan terjadi Krisis seri kedua

sumber :

https://furnituremebeljepara.co.id/grab-the-bottle-apk/