Dampak Penundaan Penyaluran DAU

Dampak Penundaan Penyaluran DAU

Dampak Penundaan Penyaluran DAU

Dampak Penundaan Penyaluran DAU
Dampak Penundaan Penyaluran DAU

BANDUNG-Pada triwulan III 2016, seiring

dengan berlalunya momentum Ramadhan dan Lebaran, pertumbuhan ekonomi diperkirakan sedikit melambat namun masih lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. LPE triwulan III 2016 diperkirakan tumbuh pada kisaran 5,5% – 5,9%.

Perlambatan ini seiring dengan kembali normalnya

konsumsi masyarakat pasca momentum Hari Raya. Dari sisi pembiayaan, pertumbuhan penyaluran kredit rumah tangga pada awal Juli 2016 mengalami sedikit perlambatan dibanding triwulan sebelumnya, yakni pada Kredit Pemilikan Rumah (dari 15,28% menjadi 14,64%) dan kredit multiguna (dari 16,89% menjadi 9,72%).

Sejalan dengan pola belanja pemeritah yang terus meningkat hingga akhir tahun, diperkirakan konsumsi pemerintah akan kembali terakselerasi di triwulan III.

“Namun, perlu diwaspadai dampak penundaan penyaluran dana

perimbangan ke daerah pada semester II khususnya bagi pemerintah level kabupaten/kota,” ujar Kepala PErwakilan BI Jabar Rosmaya Hadi.

Namun disisi lain menurutnya investasi diperkirakan kembali mengalami akselerasi pada triwulan III seiring dengan membaiknya persepsi pelaku usaha, implementasi kebijakan pemerintah dalam mendorong kemudahan berinvestasi, serta percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur strategis oleh pemerintah.

Khususnya pada investasi bangunan, peningkatan tercermin dari terus meningkatnya tingkat inflasi kelompok bahan bangunan jasa. jo

 

Baca Juga :