Definisi Konflik

 Definisi Konflik

 Definisi Konflik

 Definisi Konflik

            Konflik adalah pergesekan atau friksi yang terekspresikan di antara dua pihak atau lebih, di mana masing-masing mempersepsi adanya interferensi dari pihak lain, yang dianggap menghalangi jalan untuk mencapai sasaran. Konflik hanya terjadi bila semua pihak yang terlibat, mencium adanya ketidaksepakatan. Para pakar ilmu perilaku organisasi, memang banyak yang memberikan definisi tentang konflik. Robbins, salah seorang dari mereka merumuskan Konflik sebagai :”sebuah proses dimana sebuah upaya sengaja dilakukan oleh seseorang untuk menghalangi usaha yang dilakukan oleh orang lain dalam berbagai bentuk hambatan(blocking) yang menjadikan orang lain tersebut merasa frustasi dalam usahanya mancapai tujuan yang diinginkan atau merealisasi minatnya”. Dengan demikian yang dimaksud dengan Konflik adalah proses pertikaian yang terjadi sedangkan peristiwa yang berupa gejolak dan sejenisnya adalah salah satu manifestasinya.

            Dua orang pakar penulis dari Amerika Serikat yaitu, Cathy AConstantino, dan Chistina Sickles Merchant mengatakan dengan kata-kata yang lebih sederhana, bahwa konflik pada dasarnya adalah: “sebuah proses mengekspresikan ketidapuasan, ketidaksetujuan, atau harapan-harapan yang tidak terealisasi”. Kedua penulis tersebut sepakat dengan Robbins bahwa konflik pada dasarnya adalah sebuah proses. Konflik dapat diartikan sebagai ketidaksetujuan antara dua atau lebih anggota organisasi atau kelompok-kelompok dalam organisasi yang timbul karena mereka harus menggunakan sumber daya yang langka secara bersama-sama atau menjalankan kegiatan bersama-sama dan atau karena mereka mempunyai status, tujuan, nilai-nilai dan persepsi yang berbeda.

2.2.    Sumber Konflik

            Terdapat beberapa hal yang melatarbelakangi terjadinya konflik. Agus M. Hardjana mengemukakan sepuluh penyebab munculnya konflik , yaitu:

  • Salah pengertian atau salah paham karena kegagalan komunikas
  • Perbedaan tujuan kerja karena perbedaan nilai hidup yang dipegang
  • Rebutan dan persaingan dalam hal yang terbatas seperti fasilitas kerja dan jabatan
  • Masalah wewenang dan tanggung jawab
  • Penafsiran yang berbeda atas satu hal, perkara dan peristiwa yang sama
  • Kurangnya kerja sama
  • Tidak mentaati tata tertib dan peraturan kerja yang ada
  • Ada usaha untuk menguasai dan merugikan
  • Pelecehan pribadi dan kedudukan
  • Perubahan dalam sasaran dan prosedur kerja sehingga orang menjadi merasa tidak jelas tentang apa yang diharapkan darinya.

suber :

MAXUP RACING : Online Seasons 1.0.9 Apk + Mod