GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS

GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS

GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS

GAYA KEPEMIMPINAN OTOKRATIS

Gaya kepemimpinan otokratis ini bersifat satu arah, yaitu dari atasan ke bawahan dengan sifat yang cenderung otoriter. Pemimpin bertindak sangat dominan dan semua pengambilan keputusan berasal dari idenya sendiri. kepemimpinan yang otokratis ini memusatkan kekuasaan pada dirinya sendiri. Sedangkan inisiatif dan daya pikir para anak buahnya cenderung dibatasi.

Anak buah pada dasarnya hanya bertugas untuk menjalankan tugas dari pimpinan. Biasanya, pimpinan tidak akan menerima alasan apapun dari anak buah jika tugas tersebut gagal. Gaya kepemimpinan otokratis ini bisa dengan mudah ditemukan dalam dunia militer, misalnya dalam akademi kemiliteran ataupun instansi kepolisian.

GAYA KEPEMIMPINAN BIROKRASI

Gaya kepemimpinan birokrasi ini banyak diterapkan dalam sebuah perusahaan. Gaya kepemimpinan ini efektif jika semua staf/anak buah mengikuti setiap alur prosedur sebuah pekerjaan dan melakukan tanggung jawabnya setiap hari.

Pada model gaya kepemimpinan birokrasi ini, tetap tidak ada ruang bagi para karyawan ataupun anggota untuk melakukan inovasi dalam pekerjaan. Karena langkah-langkah dan bagaimana cara yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan sudah diatur dengan jelas dan rinci oleh pimpinan perusahaan tersebut.

Gaya kepemimpinan birokrasi ini banyak juga ditemui dalam perusahaan yang menjual jasa pelayanan, misalnya saja bank dan lain sebagainya. Gaya kepemimpinan ini biasanya diterapkan kepada para karyawan yang berada di bagian pelayanan lini depan. Tugas sehari-hari mereka sudah ditentukan dan tak diizinkan untuk melakukan inovasi tanpa kebijakan dari perusahaan tersebut.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/