Generasi Ketiga (1965-1970)

 Generasi Ketiga (1965-1970)

 Generasi Ketiga (1965-1970)

 Generasi Ketiga (1965-1970)

Kelahiran komputer ketiga di tandai dengan berkembangnya teknologi pembuatan untai Terpadu (IC = Integrated Circuit)[15]. Komputer generasi ketiga menggunakan sistem sirkuit terpadu ( IC ). Jack Kilby mengembangkan konsep sirkuit terpadu pada tahun 1958 dan Ini adalah penemuan penting dalam bidang komputer. IC pertama kali ditemukan dan digunakan pada tahun 1961 denga ukuran sebuah IC sama dengan ¼ inci persegi.
Transistor tetap digunakan pada komputer generasi ketiga karena sebuah chip IC dapat berisi ribuan transistor. Beberapa hal yang ditonjolkan melalui pengembangan komputer generasi ketiga ini adalah komputer yang menjadi lebih kecil ukurannya, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih murah. Sekitar tahun 1970 komputer generasi ini sudah dapat dibeli di pasaran. Contoh-contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 370, IBM System/360, UNIVAC 1108, dan UNIVAC AC 9000.
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.
sumber :