Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci
Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mesin Cuci

Saat ini mesin cuci tidak lagi dianggap sebagai produk mewah

Tak hanya sebagai suatu alat untuk membantu membersihkan pakaian, namun mesin cuci juga dianggap sebagai sarana untuk menghemat waktu dan tenaga. Karena alasan itulah, tingginya permintaan terhadap pembelian mesin cuci semakin meningkat, terutama dari ibu – ibu rumah tangga.

Banyak merek dan jenis mesin cuci yang sudah beredar luas di pasaran. Nah, untuk Sobat Shopee yang masih bingung untuk memilih produk mesin cuci berkualitas dan sesuai kebutuhan, Shopee bakal kasih tips dan triknya nih.

 

Tentukan Kebutuhan Kapasitas Muatan

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas muatan maksimum yang berbeda-beda, mulai dari 6.5 kg, 7.5 kg, hingga 12 kg. Sobat Shopee bisa memilih jumlah kapasitas maksimal sesuai dengan kebutuhan. Jika mesin cuci yang akan dibeli untuk penggunaan rumahan, mesin cuci dengan kapasitas 7.5 kg sudah dirasa cukup, namun jika tujuan pembelian mesin cuci digunakan untuk usaha seperti laundry alangkah baiknya jika memilih mesin cuci dengan kapasitas besar atau di atas 10 kg

 

Pertimbangkan Kebutuhan Tabung

Di pasaran, mesin cuci terbagi atas 2 jenis tabung, yaitu single dan double. Single tabung adalah mesin cuci bertabung satu dengan bukaan depan ataupun bukaan atas. Karena hanya satu tabung, mesin cuci ini melakukan pencucian dan pengeringan dalam tempat yang sama. Mesin cuci jenis satu tabung ini cocok untuk kamu yang tidak suka repot untuk memindahkan pakaian cuci ke pengering. Namun, kekurangan dari mesin cuci single tabung ini adalah jika terjadi kerusakan pada mesin dalam tabung maka semua fungsi seperti fungsi cuci dan fungsi pengeringan ikut rusak.

Double tabung adalah mesin cuci dua tabung dengan bukaan atas, tabung satu untuk melakukan pencucian, dan tabung lainnya untuk melakukan pengeringan. Mesin cuci ini adalah mesin cuci favorit ibu-ibu karena selain harganya yang lebih murah daripada mesin cuci single tabung, mesin cuci ini juga lebih bisa diandalkan. Jika salah satu fungsi mati, mesin cuci ini tetap masih bisa digunakan dengan fungsi lain. Misalnya tabung pencucian rusak dan tidak bisa digunakan, mesin cuci ini masih bisa digunakan pada tabung pengeringnya saja.

 

Supply Air dan Listrik

Perhatikan supply air pada rumah Anda. Untuk mesin cuci tabung satu biasanya menggunakan supply air dengan kencang dan lebih banyak, untuk kamu yang mempunyai rumah dengan aliran air kecil sangat tidak disarankan membeli mesin cuci dengan satu tabung ini, walaupun banyak teknologi mesin cuci satu tabung dengan tawaran bisa mencuci di aliran air kecil namun jika terus menerus menggunakan mesin cuci tersebut dengan aliran air kecil maka lama-kelamaan mesin cuci anda akan mengalami kerusakan. Begitu pula dengan supply listrik. Perhatikan jumlah tenaga listrik yang dibutuhkan mesin cuci dengan arus listrik Anda. Pastikan aliran listrik cukup untuk mengoperasikan mesin cuci tersebut.

 

Harga, Merk, Suku Cadang, dan Garansi

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan saat akan membeli mesin cuci adalah harga dan merek produk. Jika dana mencukupi, kamu bisa membeli mesin cuci dengan merek terkenal yang terjamin garansi dan keberadaan suku cadangnya. Ini sangat membantu jika mesin cuci kamu mengalami masalah kerusakan.

Namun, jika anggaran untuk membeli mesin cuci ini terbatas, kamu bisa membeli mesin cuci yang berharga murah dengan mempetimbangkan juga kemudahan untuk mengajukan klaim garansi, dan pastikan juga untuk mendapat kemudahan mencari spare part atau suku cadang di kota kamu.

 

Teknologi, Getaran dan Kebisingan

Tidak hanya handphone, mesin cuci kini banyak yang sudah menggunakan teknologi dalam pengoperasiannya, mulai dari metode layar sentuh, smart washing dan lain-lain. Teknologi getar dan kebisingan pun perlu diperhatikan. Kecepatan dan kekuatan putaran mesin cuci menjadi sangat penting karena semakin kuat putaran mesin cuci, semakin bersih hasil akhir pencuciannya.

Kelima hal tersebut adalah tips untuk memilih mesin cuci yang dapat anda gunakan sebelum membeli mesin cuci. Namun membeli mesin cuci sesuai harga dan kebutuhan jauh lebih penting untuk mendapatkan mesin cuci idaman Anda.

 

Sumber : https://ngelag.com/