Hati-hati terhadap ANEMIA

Hati-hati terhadap ANEMIA

Hati-hati terhadap ANEMIA

Hati-hati terhadap ANEMIA
Hati-hati terhadap ANEMIA

ANEMIA atau kurang darah disebabkan oleh kurangnya kadar hemoglobin dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.
Anemia merupakan masalah umum dan kebanyakan wanita biasanya tanpa disadari mengalaminya pada suatu waktu. . Gejala anemia tergantung dari penyebab dan keparahannya. Orang yang kurang darah biasanya cepat lelah, pucat, haid yang tidak teratur dan sering pusing. Apa penyebabnya?
Penyebab anemia dapat dibagi menjadi 2 kelompok: pertama disebabkan oleh tubuh tidak dapat membuat hemo-globin, yang kedua karena hemoglobin dihancurkan tubuh terlalu cepat.

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum anemia. Sebelum tubuh membuat hemoglobin, tubuh memerlukan bahan-bahan berupa vitamin, zat besi dan protein. Jika salah satu bahan tersebut tidak terdapat dalam makanan anda, anemia dapat terjadi.
Protein banyak ditemukan pada kebanyakan produk ternak, kacang-kacangan dan buncis. Zat besi ditemukan dalam daging merah, cereal dan sayuran hijau. Vitamin–vitamin penting ditemu-kan pada kebanyakan produk makanan.

Anemia mungkin juga terjadi akibat perdarahan yang berlebihan seperti contohnya pada masa haid yang berlebihan ataupun luka berdarah yang berat. Beruntung kasusnya jarang terjadi, tetapi jika memang terjadi kiranya perlu pemerik- saan darah setiap tahunnya. Siapa yang beresiko?

Kelompok individu yang berisiko terkena penyakit anemia atau kurang darah adalah anak-anak, wanita hamil dan orang tua. Bayi prematur secara rutin perlu diberikan supplemen zat besi seperti juga wanita hamil yang telah didiagnosa kurang darah.
Orang-orang tua sering makan makanan yang tidak bervariasi, terutama mereka yang masak sendiri, sehingga merupakan kelompok yang juga berisiko terkena anemia. Mereka harus dianjurkan makan makanan yang sehat dan seimbang, atau tambahan suplemen multi-vitamin.

Kecuali anda benar-benar anemi, obat-obatan seperti suplemen zat besi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan obat-abatan tersebut mempunyai banyak efek samping seperti mual, konstipasi dan problem lainnya.
Anemi bukanlah penyakit, tetapi meru-pakan gejala dari suatu penyakit. Jika anda merasa kurang darah konsultasikan dengan dokter anda sebelum makan mulai obat-obatan. Dokter anda akan bertanya tentang pola hidup, diet, haid dan mungkin mengambil contoh darah untuk pemeriksaan laboratorium.

Sumber : https://forbeslux.co.id/