Jenis-Jenis Tipe Awan Tinggi

Jenis-Jenis Tipe Awan Tinggi

Jenis-Jenis Tipe Awan Tinggi

Jenis-Jenis Tipe Awan Tinggi
Jenis-Jenis Tipe Awan Tinggi
Awan tinggi ialah awan yang terbentuk atau berada pada ketinggian> 20.000 kaki di atas permukaan laut. Awan tinggi dibagi menjadi 3 jenis. Jenis tipe awan tinggi dan gambarnya sanggup dilihat pada klarifikasi berikut:

a. Awan Cirrus

Awan Cirrus ialah awan putih terpisah dengan serat halus atau filamen dan sheen sutra. Awan Cirrus selalu terdiri dari kristal es dengan huruf transparansi yang bergantung pada tingkat pemisahan kristal. Ciri dari awan ini ialah kalau melewati keliling matahari, maka tidak akan mengurangi kecerahannya. Perlu diketahui, ketika matahari terbit atau terbenam, awan cirrus akan terlihat cerah kuning atau merah. Awan ini juga terlihat lebih putih dengan latar belakang langit sebelum awan rendah lainnya datang.

b. Cloud Cirrostratus

Cloud Cirrostratus ialah awan yang terlihat mirip kelambu putih lembut yang mengental. Karena ukurannya yang besar, awan ini sanggup menutupi langit secara merata dengan warna-warna cerah. Bila dilihat lebih teliti, awan cirrostratis juga akan terlihat mirip anyaman dengan bentuk tidak beraturan. Di animo kemarau, awan ini juga sanggup mengakibatkan lingkaran lingkaran yang mengelilingi matahari dan bulan (hallo). (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

c. Cloud Cirrocumulus

Awan Cirrocumulus ialah awan yang terlihat mirip ombak di pasir pantai. Awan elips putih kecil ini berbaris atau dalam kelompok yang juga terlihat mirip sekumpulan domba. Secara umum, awan Cirrocumulus lebih sering terlihat di langit awan cirrus yang mendung dan awan cirrostratus.