KOMPONEN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI

KOMPONEN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI

KOMPONEN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI

KOMPONEN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI
KOMPONEN SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI

Ada lima komponen Sistem temu kembali informasi yaitu :

  1. Pengguna

Pengguna adalah orang yang menggunakan atau memanfaatkan Sistem temu kembali informasi dalam kegiatan pengelolaan dan pencarian informasi. Berdasarkan perannya, pengguna Sistem temu kembali informasi dibedakakan atas 2 (dua) kelompok yaitu:

  • Pengguna (user) adalah seluruh pengguna Sistem temu kembali informasi yang menggunakan Sistem temu kembali informasi baik untuk pengelolaan (input data, backup data, maintenance atau lainnya) maupun untuk keperluan pencarian/penelusuran informasi.
  • pengguna akhir (end user) adalah pengguna yang hanya menggunakan Sistem temu kembali informasi untuk keperluan pencarian dan atau penelusuran informasi.
  1. Query

Query adalah format bahasa permintaan yang di input (dimasukan) oleh pengguna kedalam Sistem temu kembali informasi. Dalam interface (antar muka) Sistem temu kembali informasi selalu disediakan kolom/ruas sebagai tempat bagi pengguna untuk mengetikkan (menuliskan) query nya.

Dalam OPAC perpustakaan disebut “Search expression”. Pada kolom itulah pengguna mengetik/ menuliskan bahasa permintaanya (query), dan setelah query itu dimasukkan selanjutnya mesin akan melakukan proses pemanggilan (recall) terhadap dokumen yang diinginkan dari database.

  1. Dokumen

Dokumen adalah istilah yang digunakan untuk seluruh bahan pustaka, apakah itu artikel, buku, laporan penelitian dsb. Seluruh bahan pustaka (dimasukkan) dan disimpan dalam database (pangkalan data). Media penyimpanan database ini ada yang berbentuk CD-ROM ada juga yang berbentuk harddisk.

Database ini ada yang bisa diakses secara online dan ada juga yang diakses secara off line. Biasanya database yang bisa diakses secara online dapat diakses secara bersamaan (multy user), sedangkan yang sifatnya off line hanya dapat digunakan oleh seorang saja dalam waktu yang sama (single user).

  1. Indeks Dokumen

Indeks adalah daftar istilah atau kata (list of terms). Dokumen yang dimasukkan/disimpan dalam database diwakili oleh indeks, Indeks itu disebut indeks dokumen. Fungsinya adalah representasi subyek dari sebuah dokumen. Indeks memiliki tiga jenis yaitu :

  • Indeks subyek adalah menentukan subyek dokumen pada istilah mana/apa yang menjadi representasi subyek dari sebuah dokumen.
  • Indeks pengarang adalah mementukan nama pengarang mana yang menjadi representasi dari suatu karya.
  • Indeks bebas adalah menjadikan seluruh kata/istilah yang terdapat pada sebuah dokumen menjadi sebuah representasi dari dokumen, terkecuali stopword. Stopword adalah kata yang tidak di indeks seperti : yang, that, meskipun, di, ke, dan lain-lain atau seluruh kata sandang/partikel.
  1. Pencocokkan (Matcher Fungtion)

Pencocokkan istilah (query) yang dimasukkan oleh pengguna dengan indeks dokumen yang tersimpan dalam database adalah dilakukan oleh mesin komputer. Komputerlah yang melakukan proses pencocokkan itu dalam waktu yang sangat singkat sesuai dengan kecepatan memory dan processing yang dimiliki oleh komputer itu.

Komputer hanya dapat melakukan pencocokan berdasarkan kesamaan istilah, komputer tidak bisa berfikir seperti manusia sebab mesin komputer tersebut hanyalah “artificial intelegence” (kecerdasan buatan). Oleh karena itu sering terjadi “ambiguitas” atau kesalahan makna untuk sebuah istilah.

Sumber: https://fungsi.co.id/