Latar Belakang, Jalannya Perang dan Akibat Perang Dunia II

Latar Belakang, Jalannya Perang dan Akibat Perang Dunia II

Latar Belakang, Jalannya Perang dan Akibat Perang Dunia II

Latar Belakang, Jalannya Perang dan Akibat Perang Dunia II
Latar Belakang, Jalannya Perang dan Akibat Perang Dunia II

Perang Dunia II secara resmi mulai berkecamuk pada 1 september 1939-14 Agustus 1945 peperangan di mulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia. Berbagai peristiwa menjelang Perang Dunia Kedua menunjukkan adanya saling ketidakpercayaan dan kecurigaan antara kekuatan Barat dan Uni Soviet.

Latar Belakang terjadinya Perang Dunia II

  1. Sebab Umum
  2. Kegagalan Liga Bangsa-bangsa (LBB)

 LBB yang diharapkan dapat menjadi suatu lembaga yang dapat   menciptakan perrdamaian dunia ternyat tidak menjalankan peranannya dengan baik.

  1. Perlombaan Senjata

Tiap-tiap negara berusaha saling menungguli lawan – lawan mereka dengan melengkapi persenjataannya

  1. Persekutuan dan Pertentangan Paham

Berkembangnya berbagai paham setelah PD I menjadikan negara-   negara Eropa membentuk persekutuan-persekutuan berdasarkan kepentingan ideologi yang berkembang di negara masing-masing.

  1. Sebab Khusus

Yaitu serangan Jerman atas Polandia pada 1 September 1939. Serangan yang dilancarkan Jerman ini telah mengawali pertempuran dunia di Front Eropa.

Jalannya Perang Dunia II

Setelah jerman melancarkan serangan ke Polandia pada 3 September 1939 Prancis dan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Maka dimulailah PDII antara blog Axis ( poros ) yang dipimpin Jerman dan blok sekutu yang di pimpin  oleh Inggis dengan politik Lebensrarum. Pada 10 Juni 1940, Italia terjun ke kancah peperangan dengan memihak Jerman. Akhirnya Prancis dapat di taklukan 22 Juni 1940. Pada 22 Juni 1941 memulai serangan – serangan ke wilayah timur, yaitu Rusia. Serangan itu berhasil dengan gemilang. (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-editorial/)

Di Pasifik, Jepang telah memulai perang Asia Timur Raya, dengan melakukan pengeboman terhadap pangkalan militer Amerika di Pearl Harbour, Hawaii pada 7 Desember 1941. Pada 7 Mei 1942, sekutu berhasil menghancurkan tentara Jepang di laut karang dekat Papua.
Tentara Jepang akhirnya menyerah pada sekutu pada 15 Agustus 1945 setelah sebelumya Hiroshima dan Nagasaki di bom Atom pada 6 dan 9 Agustus1945. Pada awal 1945, pasukan sekutu melancarkan serangan langsung ke wilayah Jerman dengan menhancurkan pusat-pusat industri Jerman dan berhasil menduduki kota Berlin. Pasukan Jerman terdesak . Pada 7 mei 1945, Jerman akhirnya menyerah pada sekutu.  Akhir dari Perang Dunia II di tandai dengan penandatangan perjanjian Potsdam antara Jerman dan Sekutu pada 17 Juli – 2 Agustus 1945. Dan perjanjian San Fransisco pada 8 September 1951 antara Jepang dan Sekutu.

Akibat Perang Dunia II

  1. Bidang Politik

Munculnya dua kekuatan besar dunia (adikuasa/superpower) yakni Amerika Serikat dengan Ideologi Liberalisme dan Uni Soviet dengan Ideologi Komusisnya.

  1. Bidang Ekonomi

Perekonomian dunia mengalami kekacauan.

  1. Bidang Sosial

Munculnya keinginan yang kuat dari sebagian negara di dunia untuk menciptakan perdamaian abadi. Dari tekad inilah muncul Lembaga Internasional yaitu, Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1945.