MACAM-MACAM MAJAS

MACAM-MACAM MAJAS

MACAM-MACAM MAJAS

MACAM-MACAM MAJAS

 

Pengertian Majas:

Majas merupakan gaya bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai jenis karya sastra, terutama dalam prosa dan puisi. Penggunaan majas pada sebuah tuturan memang sangat membantu dalam menimbulkan efek-efek dan kesan tertentu yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara. Dalam berbagai situasi kita bisa memanfaatkan gaya bahasa untuk menambah nilai rasa sebuah ujaran. Majas juga bisa digunakan untuk menyalurkan berbagai emosi yang ada dalam jiwa kita.

Kelompok-kelompok Majas:

1. Majas Perbandingan
2. Majas Pertentangan
3. Majas Perumpamaan
4. Majas Pertautan

Kelompok majas-majas di atas masih dibagi lagi menjadi jenis-jenis gaya bahasa yang lebih spesifik lagi.

1.Majas perbandingan

Majas perbandingan memiliki banyak jenis, namun hanya beberapa saja yang akan kita bahas di sini. Sebelum kita membahas jenis majas perbandingan, terlebih dahulu kita harus memahami pengetian majas perbandingan.
Majas perbandingan adalah majas yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dari sebuah ucapan atau kaimat. Jenis-jenis majas perbandingan ini adalah sebagai berikut :

a. Majas Perumpamaan
Majas ini disebut juga majas asosiasi, yaitu majas yang menggunakan dua hal yang sebenarnya berbeda, tetapi sengaja dianggap sama. Majas ini biasanya menggunakan penanda, seperti bagai, bagaikan, seperti, laksana, dan seumpama.
Contoh :
– Kemauannya keras bagaikan batu
– Kata-katanya pedas laksana sambal

b. Majas Alegori
Majas metafora adalah majas yang mengungkapkan dengan cara lain, seperti kiasan atau penggambaran
Contoh :
– Hidup itu ibarat garis lurus, yang semakin mendekat ke titik terakhir

c. Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalah majas yang menyatakan benda mati seperti bisa melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh manusia.
Contoh :
– Nyiur melambai menyapaku dari lamunan
– Angin membelai rambutku

d. Majas Metafora
e. Majas Simbolik
f. Majas Metonomia

2. Majas Pertentangan

Majas Pertentangan adalah sebuah ungkapan gaya bahasa yang menjelaskan  maksud tertentu dengan menggunakan pernyataan kalimat yang berlawanana dengan makna yang sebenarnya.

3. Majas Perumpamaan

Majas Perumpamaan ialah sebuah ungkapan dengan gaya bahasa yang membandingkan dua hal berbeda yang secara umum ditarik kesimpulan terhadapan persamaan dari kedua hal tersebut sebagai bahan perbandingan.

4. Majas Pertautan

Majas Pertautan merupakan kata-kata kiasan yang sering digunakan untuk memberi kesan terhadap maksud dari kata-kata yang hendak ditunjuk.

Baca Juga Artikel Lainnya: