MANFAAT JAMSOSTEK

MANFAAT JAMSOSTEK

  1. Program Jaminan Hari Tua

Program Jaminan Hari Tua diselenggarakan dengan sistem tabungan hari tua, yang iurannya ditanggung pengusaha dan tenaga kerja.

Kemanfaatan Jaminan Hari Tua sebesar iuran yang terkumpul ditambah hasil pengembangan. Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua akan dikembalikan / dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya, apabila tenaga kerja : Mencapai umur 55 tahun

  1. Untuk Jaminan Kecelakaan Kerja
  2. Sementara Tidak Mampu Bekerja
  3. Mengalami cacat total tetap sehingga tidak bisa bekerja lagi atau meninggal dunia
  4. Mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) setelah menjadi peserta minimal 5 tahun
  1. Ruang lingkup program jamsostek adalah (lihatPasal 6 ayat [1] UU 3/1992):
  2. Jaminan Kecelakaan Kerja (“JKK”);
  3. Jaminan Kematian (“JK”);
  4. Jaminan Hari Tua (“JHT”);
  5. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (“JPK”).

Ketentuan ini dapat dikecualikan, terutama terkait dengan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat (4) PP 14/1992 bahwa apabila pengusaha telah menyelenggarakan sendiri program pemeliharaan kesehatan bagi tenaga kerjanya dengan manfaat yang lebih baik dari Paket JPK Dasar menurut PP 14/1992, maka pengusaha tersebut tidak wajib ikut dalam JPK yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara (lihat Pasal 1 ayat [1] PP 14/1992), dalam hal ini PT Persero Jamsostek.

Syarat dan ketentuan JPK dengan manfaat lebih baik, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per-01/Men/1998 tentang Penyelenggaraan Pemeliharaan Kesehatan Bagi Tenaga Kerja Dengan Manfaat Lebih Baik Dari Paket Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Dasar Jaminan Sosial Tenaga Kerja, yakni (antara lain):

  1. cakupan pelayanan kesehatannya, sekurang-kurangnya mencakup kepesertaan seluruh tenaga kerja (lak-laki / perempuan) dan keluarganya (suami/isteri dan anak sah);
  2. pelaksana pelayanan kesehatan yang ditunjuk (seperti rumah sakit atau klinik/dokter) harus memiliki izin sesuai ketentuan yang berlaku (registered) dan mudah dijangkau oleh tenaga kerja dan keluarganya.

baca jua ;