Manfaat Luar Biasa Daun Pacar Cina Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Daun Pacar Cina Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Daun Pacar Cina Bagi KesehatanManfaat Luar Biasa Daun Pacar Cina Bagi Kesehatan

Pacar Cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias, atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Bunganya sering digunakan untuk mengharumkan teh atau pakaian. Tanaman ini adalah merupakan tanaman asli Asia Tenggara, tersebar di Sumatera, Jawa dan beberapa negara tetangga.

Manfaat Luar BIasa Daun Pacar Cina Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pacar Cina

Didalam tanaman pacar cina mengandung alkaloid, minyak atsiri serta garam mineral oleh karena itu Daun pacar cina baik digunakan untuk menyembuhkan perut yang kembung, batuk, bisul, susah menelan dan mempercepat proses persalinan sedangkan Bunga yang kering dari tanaman pacar cina juga dapat digunakan sebagai penambah aroma teh hijau.

Cara Penggunaan Tanaman Daun Pacar Cina
Ambil bagian tanaman tersebut kemudian digiling/ditumbuk hingga halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit. Cara membuat obat herbal dari tanaman ini mudah saja. Daun atau bunga direbus, lalu saripatinya diminum. Sebagai Contoh untuk mengatasi gangguan menstruasi. Ambilah daun pacar cina segar sebanyak satu genggam. Setelah itu daun dicuci dan direbus dengan dua gelas air matang. Barulah air rebusannya diminum dua kali sehari. Sedangkan Untuk mengatasi gangguan bau badan ambil daun pacar cina segar sebanyak 10 gram dan daun sirih sebanyak tujuh lembar. Cucilah kedua daun tersebut, lalu direbus dengan air secukupnya. Setelah dingin, air rebusan ini disaring kemudian diminum sehari 2 kali, masing-masing pada pagi dan sore hari.

Ciri-Ciri Tanaman Pacar Cina
Spesies Aglaia odorata
Nama Inggris Culan
Nama Indonesia Daun pacar cina
Nama Lokal Culan (Sunda), Pacar Culam (Jawa), Pacar cina, culan (Sumatra)
Distribusi/Penyebaran tanaman ini meliputi India, Cina bagian selatan, Asia Tenggara, Australia bagian utara dan kepulauan di Samudra Pasifik. Di Indonesia tumbuhan dapat ditemui tumbuh di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Philipina, Sulawesi, Bali dan Flores.
Habitat Pacar cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias, atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari.
Bunganya sering digunakan untuk mengharumkan teh atau pakaian.

 

Pos-pos Terbaru