Menulis Butir Pertanyaan

 Menulis Butir Pertanyaan

     Ada 3 kegiatan pokok dalam menulis butir soal yaitu:

  1. Menulis draft soal : Ada dua hal yang perlu mendapat perhatian dalam penulisan butir pertanyaan yaitu format pertanyaan dan alternatif jawaban. Dalam hal ini perlu diperhatikan beberapa hal yaitu, (1) apakah pertanyaan mudah dimengerti? (2) apakah sudah sesuai dengan indikator (3) apakah tata letak keseluruhan baik? (4) apakah perlu pembobotan (5) apakah kunci jawaban sudah benar?
  2. Memantapkan Validitas Isi (Content Validity ): Content validity atau validitas isi pada dasarnya merupakan koefisien yang menunjukkan kesesuaian antara draft tes yang telah disusun dengan isi dari konsep dan kisi-kisi yang telah disusun.
  3. Melakukan Uji Coba (try out) : Uji coba diperlukan dalam penyusunan tes buatan guru, try out tidak harus dilakukan secara formal dan dalam skala besar, yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa try out dapat dilakukan untuk berbagai kepentingan diantaranya adalah untuk; (1) analisis item, (2) bagaimana rencana pelaksanaan, (3) memperkirakan penggunaan waktu pengerjaan, (4)kejelasan format tes, (5) kejelasan petunjuk pengisian, dan (6) pemahaman bahasa yang digunakan dsbnya.
  4. Revisi soal : Hasil dari uji coba kemudian dilakukan analisis untuk mencari tingkat kesulitan soal dan penggunaan bahasa yang kurang komunikatif, untuk kemudian dilakukan revisi sesuai dengan kebutuhan.

baca juga ;