Menulis di papan tulis (writing on the board)

Menulis di papan tulis (writing on the board)

Menulis di papan tulis (writing on the board)

Menulis di papan tulis (writing on the board)
Menulis di papan tulis (writing on the board)

Komunikasi tertulis dengan siswa seharusnya dilakukan dalam rangka memberikesempatan siswa untuk mencatat dan menggali materi pelajaran. Para siswa harus melihat sebelum penglihatan logisnya dan pengembangan matematis dari pelajaran, serta tidak hanya memperoleh sepotong informasi. Hal itu sebaiknya dilakukan dengan tulisan tangan di papan tulis (tidak masalah dengan memakai warna).

Pada permulaan pembelajaran, guru harus yakin dengan memeriksa saklar lampu, tirai/korden, bahwa papan tulis tidak memperoleh pantulan cahaya yang kuat, yang membuat kesulitan siswa untuk melihat teks tulisan. Gunakanlah potensi ruangan papan tulis dengan benar untuk urutan tulisan, janganlaah melompat-lompat dalam ruang-ruang kosong tak berurutan, yang akhirnya menyebabkan tidak mungkin bagi siswa untuk mengikuti pelajaran. Sebaiknya bagilah papan tulis menjadi beberapa ruang yang akan menjadi halaman tulisan dengan membuat garis vertikal seperlunya. Jika papan tulis telah penuh mulailah kembali dari halaman pertama papan tulis dengan menghapus seperlunya. Jika masih memerlukan rumus yang hendak dihapus maka tulis kembali rumus itu di tempat lain.

Hal penting yang perlu diingat bahwa, kita para guru Fisika ini tidaklah transparan, maka janganlah memposisikan diri sehingga selalu menghalangi tulisan di papan tulis, termasuk pada saat sedang menulispun.

Papan tulis selamanya tuli dan bisu, maka janganlah berbicara menghadap papan tulis, karena bisa jadi siswa tidak mendengar kecuali guru memakai mikropon. Balikkanlah badan berputar menghadapi audien bila menjelaskan apa saja yang Anda tulis.

Sumber : https://aziritt.net/