Metode Pembelajaran Think, Pair, Share

Metode Pembelajaran Think, Pair, Share

Metode Pembelajaran Think, Pair, Share

Metode Pembelajaran Think, Pair, Share
Metode Pembelajaran Think, Pair, Share

Buat para penggemar dan pembaca setia sebelumnya

admin mohon maaf karena hampir dua bulan tidak ada artikel terbaru dari zonainfosemua. Hal ini bukanlah karena kesengajaan melainkan karena berbagai kesibukan dari admin sehingga website ini sedikit kurang diperhatikan. nah kali ini admin menghadirkan kembali artikel yang bertemakan pendidikan yaitu Metode Pembelajaran Think, Pair and Share.

 

Seperti kita ketahui dewasa ini

perkembangan dunia pendidikan yang cukup pesat membuat guru harus benar-benar pandai dalam mengembangkan kualitas diri maupun kompetensi yang dimiliki. Salah satunya yaitu mengembangkan model pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Metode Pembelajaran Think pair Share merupakan salah satu metode yang cukup aktif dan inovatif untuk dikembangkan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Seperti halnya namanya, metode ini mempunyai 3 pedoman

dasar yaitu Thinking, Pairing and Sharing. secara garis besar langkah-langkah pelaksanaan dari metode Think, Pair Share adalah :

Thinking :

pembelajaran ini dimulai dengan Guru mengajukan pertanyaan atau isu terkait dengan pelajaran untuk dipikirkan oleh peserta didik. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan jawabannya.

Pairing :

pada tahap ini Guru meminta peserta didik berpasang-pasangan. beri kesempatan pada pasangan-pasangan itu untuk berdiskusi. diharapkan diskusi ini dapat memperdalam makna dari jawaban yang telah dipikirkannya melalui intersubjektif dengan pasangannya.

Sharing :

dalam kegiatan ini diharapkan terjadi tanya jawab yang mendorong pada pengonstruksian pengetahuan secara integratif sehingga peserta didik dapat menemukan struktur dari pengetahuan yang dipelajarinya.
Demikian uraian singkat dari metode Think Pair Share, Semoga dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan kita. amin…

Baca Juga :