PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Menurut Wardhani dan Kuswaya Wihardi (2010) bahwa “Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat”. (hal. 1.15 – 1.16).

Karakteristik PTK

adalah sebagai berikut :

a. An inquiry of practice from within (penelitian berawal dari kerisauan guru akan kinerjanya).
b. Self-reflective inquiry (metode utama adalah refleksi diri, bersifat longgar, tetapi tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian).
c. Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran.
d. Tujuannya memperbaiki pembelajaran.

ciri-ciri PTK

Dari karekteristik tersebut dapat dibandingkan ciri-ciri PTK dengan penelitian kelas dan penelitian formal.

Guru dianggap paling tepat melakukan PTK karena :

a. Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya.
b. Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran.
c. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya.
d. Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik.
e. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu melakukan penelitian di kelasnya.

Selangkah lebih maju dengan PTK.

Baca juga: