Pengertian Analgetik

 Pengertian Analgetik

Analgetik atau analgesik, adalah obat yang digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit atau obat-obat penghilang nyeri tanpa menghilangkan kesadaran dan akhirnya akan memberikan rasa nyaman pada orang yang menderita. 

Nyeri merupakan suatu pengalaman sensorik dan motorik yang tidak menyenangkan, berhubungan dengan adanya potensi kerusakan jaringan atau kondisi yang menggambarkan kerusakan tersebut. Gejala Nyeri dapat digambarkan sebagai rasa benda tajam yang menusuk, pusing, panas seperti rasa terbakar, menyengat, pedih, nyeri yang merambat, rasa nyeri yang hilang timbul dan berbeda tempat nyeri.

Adapun jenis nyeri beserta terapinya, yaitu:

a.      Nyeri ringan

Contohnya: sakit gigi, sakit kepala, sakit otot karena infeksi virus, nyeri haid, keseleo. Pada nyeri ringan dapat digunakan analgetik perifer seperti parasetamol, asetosal dan glafenin.

b.      Nyeri yang disertai pembengkakan

Contohnya : Jatuh, tendangan, dan tubrukan

Pada nyeri ini dapat digunakan analgetik antiradang seperti aminofenazon dan NSAID (ibu profen, mefenaminat, dll)

c.       Nyeri hebat

Contoh: nyeri organ dalam, lambung, usus, batu ginjal, batu empedu.
Pada nyeri ini dapat digunakan analgetik sentral berupa morfin, atropine, butilskopolamin (bustopan), camylofen ( ascavan).

d.      Nyeri hebat menahun

Contoh : kanker, rematik, dan neuralgia berat. Pada nyeri ini dapat digunakan analgetik berupa fentanil, dekstromoramida, dan benzitramida.

Sumber :

https://tribunbatam.co.id/samsung-kembangkan-headset-windows-mixed-reality/