Pengertian Ekonomi Makro dan Permasalahannya

Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Pengertian Ekonomi Makro dan Permasalahannya

Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro

Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro terletak pada cara pandangnya dalam mempelajari ilu ekonomi. Kalau ekonomi mikro mempelajari kegiatan ekonomi dari unit ekonomi individual, sedangkan ekonomi makro mempelajari kegiatan ekonomi secara totalitas.

Teori ekonomi makro lahir dengan ditandai terbitnya buku The General Theory of Employment Interest and Money pada tahun 1937 oleh John Mayard Keynes.

Permasalahan Ekonomi Makro

Ekonomi makro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang dapat membantu memecahkan permasalah kebijakan ekonomi secara umum. Tugas pengendalian ekonomi makro adalah mengusahakan agar perekonomian suatu negara bisa bekerja dan tumbuh secara seimbang terhindar dari keadaan yang menggangu keseimbangan umum.

Pengangguran

Proses pembangunan ekonomi juga ditandai adanya perubahan struktur penduduk dan ketenagakerjaan terjadi karena jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada ketersediaan lapangan kerja. Berdasarkan tingkat pengangguran ini dapat diketahui apakah perekonomian sudah mencapai kesempatan kerja penuh (full employment) atau belum.

Permasalahan Kependudukan dan Ketenagakerjaan di Indonesia

Pertumbuhan penduduk dan struktur

Dengan adanya transisi demografi akan terjadi pergeseran darikeadaan kematian, kelahiran, kematian rendah, tingkat pertumbuhan penduduk, dan jumlah penduduka yang menjadi tanggungan penduduk usia kerja (dependency ratio).

  • Urbanisasi

Dengan adanya perubahan struktur permintaan dari hasil pertanian ke permintaan hasil industri menebabkan industri berkembang pesar sehinga penduduk banyak yang meninggalkan sektor pertanian pindah ke sektor industri dengan harapan menerima upah yang lebih baik, untuk itulah timbul urbanisasi.

  • Tenaga kerja

Dengan pertumbuhan penduduk rata-rata masih agak tinggi dan terbatasnya lapangan kerja, bagi pekerja di Indonesia akibat krisis multidimensi, maka tenaga kerja masih menjadi persoalan serius untuk segera dicari pemecahannya.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/