Pengertian Khithoh Perjuangan Muhammadiyah

Pengertian Khithoh Perjuangan Muhammadiyah

Secara bahasa (lughowi) istilah khittah berasal dari bahasa arab yaitu khiththotun yang artinya garis/langkah. Sehingga arti khittah muhammadiyah berarti garis-garis besar atau langkah-langkah persyarikatan muhammadiyah. Sedangkan dari segi istilah, khittah muhammadiyah adalah pedoman yang berisi arah, kebijakan atau langkah-langkah yang dirumuskan oleh persyarikatan muhammadiyah, yang harus dilaksanakan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Khittah perjuangan muhammadiyah artinya garis besar perjuangan muhammadiyah. Khittah itu mengandung konsepsi (pemikiran) perjuangan yang merupakan tuntunan, pedoman, dan arah perjuangan. Hal tersebut mempunyai arti penting karena menjadi landasan berpikir dan amal usaha bagi semua pimpinan dan anggota muhammadiyah. Garis-garis besar perjuangan muhammadiyah tersebut tidak boleh bertentangan dengan asas dan tujuan serta program yang telah disusun.

2.2  Khithoh Perjuangan Sebagai Pola Dasar

Dari pengertian khittah perjuangan muhammadiyah di atas, maka khittah perjuangan merupakan sebagai pola dasar kelanjutan organisasi muhammadiyah yang. Karena fungsi khittah muhammadiyah berfungsi sebagai landasan operasional, berisi garis-garis besar, serta sebagai landasan berpikir bagi semua pimpinan dan anggota muhammadiyah dan yang menjadi landasan berpikir bagi setiap amal usaha muhammadiyah dan sebagai tuntunan, sebagai pedoman dan arahan untuk berjuang bagi anggota maupun pimpinan muhammadiyah.

Ditinjau dari struktur konsepsinya pada hakekatnya strategi perjuangan Muhammadiyah merupakan operasionalisasi strategis dari Khittah Perjuangan Muhammadiyah. Karena itu Khittah Muhammadiyah dapat dikatakan sebagai pola dasar dari strategi perjuangan Muhammadiyah.

Dilihat dari substansinya, Khittah Perjuangan Muhammadiyah dapat dikatakan sebagai teori perjuangan, yakni sebagai kerangka berfikir untuk memahami dan memecahkan persoalan yang dihadapi Muhammadiyah sesuai dengan gerakannya dalam konteks situasi dan kondisi yang dihadapi. Atas teori perjuangan sebagaimana dikandung dalam Khittah itu kemudian disusun strategi perjuangan sebagai rangkaian kebijakan dan pelaksanaannya.

Sehingga khittah muhammadiyah yang merupakan pedoman yang berisi arah, kebijakan atau langkah-langkah yang dirumuskan oleh persyarikatan muhammadiyah, yang harus dilaksanakan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan adalah menjadi pola dasar kebijakan atau langkah-langkah  yang selanjutnya akan dilakukan atau dirumuskan oleh persyarikatan muhammadiyah.

sumber :