Pengertian Sarcoma Payudara

Pengertian Sarcoma Payudara

Sarcoma payudara adalah salah satu tumor ganas yang terdapat pada payudara. Keganasan yang ditimbulkannya sangat jarang meliputi kurang dari 1% dari seluruh keganasan yang terdapat pada payudara. Sarcoma payudara  terbatas pada tumor yang berasal dari bagian mesenkim yang menyokong stroma interlobular.

B.     Gejala Sarcoma Payudara

Sacoma payudara memberikan gejala berupa massa yang meliputi hampir seluruh payudara yang tidak nyeri. Punya riwayat benjolan yang awalnya kecil kemudian membesar dengan sangat cepat, kadang-kadang mengenai kulit dan putting. Pembesaran kelenjar getah bening diaksila kadang didapati, tetapi pada pemeriksaan hitopatologi  sangat jarang ditemukan adanya metastase. Umur yang sering dikenai berdasarkan laporan adalah kisaran 44 – 55 tahun.

Pembesaran tumor biasanya berupa massa yang tumbuh ekspansif meliputi seluruh jaringan lunak pada payudara.

C.    Penanganan pada Sarcoma Payudara

Sarcoma payudara biasanya ditangani secara pembedahan yang merupakan terapi utama. Dibutuhkan eksisi luas dengan batas bebas tumor yang ditentukan secara histopatologis. Dengan melakukan mastektomi pengangkatan payudara untuk memastikan bebas tumor pada kasus tumor yang besar, serta diberikan kemoterapi. Diseksi kelenjar getah bening aksila hanya jika dibutuhkan aksisi tumor menyeluruh.

D.    Pengertian Carsinoma Mammae

Carsinoma mammae adalah neolasma ganas dengan pertumbuhan jaringan mammae abnormal yang tidak memandang jaringan sekitarnya, tumbuh infiltrasi dan destruktif dapat bermetastase (Soeharto Resko Prodjo, 1995)

Carsinoma mammae merupakan gangguan dalam pertumbuhan sel normal mammae dimana sel abnormal timbul dari sel – sel normal, berkembang biak dan menginfiltrasi jaringan limfe dan pembuluh darah (Lynda Juall Carpenito, 1995).

sumber :
https://montblancpensoutletsaleonline.com/2020/06/11/seva-mobil-bekas/