Pengertian Sifat Hasad atau Iri Dengki

Pengertian Sifat Hasad atau Iri Dengki

Pengertian Sifat Hasad atau Iri Dengki

Pengertian Sifat Hasad atau Iri Dengki
Pengertian Sifat Hasad atau Iri Dengki

Pengertian Hasad

Hasad adalah perasaan tidak senang melihat orang lain mendapatkan kenikmatan/kesenangan(iri dan dengki) sehingga dapat membuat seseorang mudah membuat dan menyebarkan berita benar maupun yang tidak benar tentang (kejelekan) orang lain. Sifat hasad bisa membuat suatu gosip (berita tidak benar atau fitnah) terhadap orang yang tidak
disukainya hingga Sifat hasad dapat merusak kebaikan yang dimiliki seseorang berubah menjadi keburukan di mata orang lain.
Sifat hasad dimanapun pasti ada yang memilikinya. Kadang kala sifat hasad yang dimiliki tersebut kurang disadari bahayanya bagi diri sendiri di kemudian hari. Orang yang memiliki sifat hasad merasa bangga kalau orang yang dibencinya dapat ia sengsarakan.

Dalil hasad

Nabi muhammad saw bersabda :
ﺍَﻟْﺤَﺴَﺪُ ﻳَﺄْﻛُﻞُ ﺍﻟْﺤَﺴَﻨَﺎﺕِ ﻛَﻤَﺎ ﺗَﺄْﻛُﻞُ ﺍﻟﻨَّﺎﺭُ ﺍﻟْﺤَﻄَﺐَ ‏
Yang artinya :
“Dengki itu memakan kebaikan, sebagaimana api memakan kayu bakar” (H.R. Abu Daud)

Firman Allah :
ﺃَﻡْ ﻳَﺤْﺴُﺪُﻭﻥَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱَ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺎ ﺁﺗَﺎﻫُﻢُ ﺍﻟﻠﻪُ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻠِﻪِ ﻓَﻘَﺪْ ﺁﺗَﻴْﻨَﺎ ﺁﻝَ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻭَﺍﻟْﺤِﻜْﻤَﺔَ ﻭَﺁﺗَﻴْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻣُﻠْﻜًﺎ ﻋَﻈِﻴﻤًﺎ ‏

Yang artinya :
“Ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar”. (Q.S. An Nisa’ 3 : 53)

Firman Allah dalam surat Al Baqarah: 109 :
ﻭَﺩَّ ﻛَﺜِﻴﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻫْﻞِ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏِ ﻟَﻮْ ﻳَﺮُﺩُّﻭﻧَﻜُﻢْ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﺇِﻳﻤَﺎﻧِﻜُﻢْ ﻛُﻔَّﺎﺭًﺍ ﺣَﺴَﺪًﺍ ﻣِﻦْ ﻋِﻨْﺪِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻬِﻢْ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِ ﻣَﺎ ﺗَﺒَﻴَّﻦَ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﺤَﻖُّ ﻓَﺎﻋْﻔُﻮﺍ ﻭَﺍﺻْﻔَﺤُﻮﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﻳَﺄْﺗِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺑِﺄَﻣْﺮِﻩِ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠﻪَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻲْﺀٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ ‏
Yang artinya :
“Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” . (Q.S. Al Baqarah 2 : 109)

Bahayanya sifat hasad

a. Menjatuhkan nama baik seseorang
b. Memutuskan rasa persaudaran dengan sesama manusia
c. Menimbulkan rasa permusuhan dengan orang lain
d. Membuat hati tidak tenang dan tidak tenteram dalam menjalani kehidupan
e. Dimusuhi oleh banyak orang.

Contoh Perbuatan Hasad

*anto suka dengan ani, aryo juga menyukai ani, anto dan aryo berusaha untuk memiliki ani namun ani lebih memilih anto, aryo pun iri dengan anto, aryo pun menjelek- jelekkan anto di depan ani, dan ia selalu berusaha untuk membuat mereka bubar.

Cara untuk menghindari sifat hasad :
a. Menyadari tentang bahayanya sifat hasad terhadap amal perbuatan kita
b. Menyadari bahwa keberuntungan masing-masing orang tidak sama
c. Mensyukuri atas nikmat yang diterimanya meskipun tidak sama yang dimiliki orang lain
d. Menyadari bahwa kalau diri kita dibenci orang lain, kita juga tidak merasa senang.

Dalam kehidupan tentunya kita menginginkan hidup yang aman dan nyaman, untuk itu kita perlu menjauhi sifat – sifat yang berdampak buruk bagi kehidupan, meski sulit, kita harus tetap berusaha, demi mencapai kedamaian.

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/