PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA

PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA

PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA

PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA
PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA

PENGERTIAN SOSIAL BUDAYA
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah,yang merupakan bentuk jamak dari buddhi yang di artikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Perubahan sosial budaya terjadi karena beberapa faktor diantaranya komunikasi cara dan pola pikir masyarakat.Perubahan sosial budaya adalahsebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.
Ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya perubahan misalnya kurang intensifnya hubungan komunikasi dengan masyarakat lain,perkembangan IPTEK yang lambat,sifat masyarakat yang masih sangat tradisional,berprasangka yang negatif terhadap hal-hal yang baru dan pengaruh adat atu kebiasaan.

PERKEMBANGAN SOSIAL KEBUDAYAAN
Setiap kehidupan manusia di dunia tergantung pada kemampuan beradaptasi terhadap lingkunganya dalam arti luas akan tetapi berbeda dengan kehidupan yang lainnya manusia membina hubungan dengan lingkungannya secara aktif. Manusia tidak hanya sekedar mengandalkan hidup mereka pada kemurahaan lingkungan hidupnya.Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengelola lingukungan dan mengolah sumber daya secara aktif sesuai dengan seleranya.Karena itulah manusia mengembangkan kebiasaan yang melembaga dalam struktur sosial dan kebudayaan mereka .

Sumber : https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/BXoM/history-of-balinese-barong-dance