Pengertian Startup: Sejarah dan Contoh Startup di Indonesia

Pengertian StartupSejarah dan Contoh Startup di Indonesia

Pengertian Startup: Sejarah dan Contoh Startup di Indonesia

 

Pengertian StartupSejarah dan Contoh Startup di Indonesia
Pengertian StartupSejarah dan Contoh Startup di Indonesia

Pernahkah kalian mendengar istilah ‘startup’? Kata yang dimaksud disini bukan kaitannya dengan komputer ya. Namun startup yang satu ini lebih terikat pada dunia bisnis. Mungkin banyak dari kalian yang pernah sekali dua kali mendengarnya namun masih asing dan tidak tahu apa artinya. Dalam kesempatan yang baik ini mari kita belajar bersama tentang seluk beluk bisnis startup dan apa saja contohnya.

Mungkin dunia startup saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat di indonesia. Tak heran jika banyak yang mencoba peruntungan untuk ikut ambil bagian dalam dunia bisnis yang satu ini. Dan jika kalian ingin tahu apa sebenarnya yang dimaksud degan startup itu, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Startup

Daftar Isi

Pengertian Startup
Sejarah Startup
Contoh Perusahaan Startup yang Ada di Indonesia
1. Bukalapak, Tokopedia, Shopee dll
2. Gojek
3. Tiket.com

Secara sederhana, istilah startup adalah sebuah perusahaan ataupun usaha yang mana baru saja dibangun dan dirintis. Namun usaha yang dimaksud disini adalah yang berkaitan dengan dunia teknologi maupun informasi yang letaknya di internet. Yup, perusahaan startup itu bisa dibilang sebagian besar aktivitasnya berhubungan dengan teknologi dan internet. Contoh mudahnya saja adalah marketplace (online shop), developer aplikasi, jasa layanan online dll.

Sejarah Startup

Lalu sejak kapankah startup ini ada? Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1990an. Dan mungkin secara tidak sadar kalian sudah menjadi salah satu penggunanya saat ini. Sebut saja Kaskus, salah satu forum paling terkenal di indonesia ini pastilah pernah kalian dengar atau masuki. Dan dengan suksesnya beberapa pendahulu, maka kini semakin banyak orang yang ingin mencoba peruntungannya di dunia startup.

Contoh Perusahaan Startup yang Ada di Indonesia

Untuk saat ini sebenarnya sudah sangat banyak perusahaan startup yang ada di indonesia. Mungkin kalian saja yang belum tahu atau bahkan tidak menyadari padahal sering menggunakannya. Penasaran? Silahkan langsung saja kalian simak berikut ini.

1. Bukalapak, Tokopedia, Shopee dll

Siapa yang suka berbelanja secara online? Maka tentu kalian sudah tidak asing lagi dong dengan marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Layanan semacam keduanya memang sangat membantu dalam mengamankan segala bentuk transaksi online. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut menjadi pihak ketiga yang mengamankan transaksi jual beli agar kedua belah pihak agar tidak ada yang dirugikan. Pasti banyak yang masih tidak tahu kalau mereka termasuk perusahaan startup.

2. Gojek

Sejak beberapa tahun terakhir ini, layanan ojek online memang berkembang cukup pesat. Memang layanan mereka itu sangat bermanfaat dan praktis untuk dipesan dimanapun dan kapanpun. Tak heran jika pertumbuhannya sangatlah cepat dan menjadi salah satu perusahaan besar saat ini.

3. Tiket.com

Sekarang itu jamannya apa-apa sudah online. Tidak hanya jual beli saja, bahkan tiket pun yang dulu harus mengantri lewat loket sekarang sudah tidak. Banyak sekali layanan pembelian tiket secara online dan salah satunya adalah tiket.com. Memulai bisnis pada tahun 2011, kini perusahaan tersebut bahkan sudah ingin merambah pasar luar negeri. Ada banyak negara lain yang menjadi pasarnya mulai dari China, Malaysya, Australia bahkan Hongkong.

Nah demikian sedikit pembahasan mengenai pengertian istilah startup dan contoh perusahaannya yang ada di Indonesia. Semoga dengan sedikit penjelasan diatas bisa memberikan informasi yang mudah dipahami. Jika kalian memiliki saran ataupun pertanyaan lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Sumber:

https://youtubers.id/