Penyakit Pada Lidah

Penyakit Pada Lidah

Penyakit Pada Lidah
Penyakit Pada Lidah

Berikut ini yaitu beberapa penyakit lidah:

1.SARIAWAN

Sariawan atau canker sores atau ulkus aftosa merupakan tanda-tanda pengikisan pada kulit mulut, yakni di pecahan dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab dari sariawan ini yaitu diantaranya: kekurangan vitamin C, alergi, mengkonsumsi masakan / minuman yang terlalu panas, kekurangan asupan zat besi, atau bisa juga disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh.

Pada dasarnya sariawan merupakan luka terbuka yang bisa menimbulkan rasa nyeri. Dalam ukuran kecil dengan diameter kurang dari 1 cm, sariawan bisa muncul dalam satu kelompok yang terdiri dari 2 – 3 luka yang biasanya akan sembuh dalam waktu kurleb 10 hari tanpa meninggalkan bekas

Meskipun tergolong penyakit pengecap yang sederhana, sariawan ini akan cukup menggangu acara yang akan dijalankan oleh pengecap anda.

2.KANKER LIDAH

Kanker pengecap merupakan suatu pertumbuhan jaringan yang tidak normal (neoplasma) yang mucul dari jaringan epitel mukosa lidah

Keganasan kanker pengecap terjadi paling sering pada pecahan tengah lateral pengecap dan seringkali asimtomatik. Penyebaran kanker ini bisa meluas melalui submukosa ke basal pengecap dan menyerang garis tengah atau ke lateral menuju dasar mulut.

Tembakau dan alkohol merupakan dua hal yang disinyalir sebagai pemicu semakin cepatnya pertumbuhan sel kanker lidah. Namun ada juga hal lain yang sanggup memicunya mirip jarang merawat kebersihan gigi, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai .

3.GEOGRAPHIC TOUNGE

GEOGRAPHIC TOUNGE merupakan peradangan pada pengecap yang biasanya bersifat kronis dan terjadi jikalau ada gangguang pada kanal pencernaan. Penyakit pada pengecap dinamakan GEOGRAPHIC TOUNGE lantaran bercak pada pengecap mirip pulau pulau. Bagian Pulau itu berwarna merah dan lebih licin. Pada kondisi yang lebih parah, kawasan berbentuk pulau akan dikelilingi lapisan tebal berwarna putih. Penyakit pada pengecap ini bisa terjadi akhir alergi.

4.PERADANGAN PADA LIDAH (ATROPHIC GLOSSITIS)

Atrophic Glosstis yaitu suatu penyakit pada pengecap yang ditandai dengan kondisi pengecap yang kehilangan rasa lantaran degenerasi ujung papil (bagian menonjol pada selaput yang berlendir di pecahan atas lidah).

Penderita yang mengalami penyakit pada pengecap ini . lidahnya akan tampak licin dan mengkilat, baik seluruh pecahan pengecap maupun hanya sebagian. Penyakit ini sering kali timbul akhir kekurangan zat besi. Oleh lantaran itu penyakit pada pengecap ini banyak ditemukan pada penderita anemia.

5.FISSURED TOUNGE

FISSURED TOUNGE atau pengecap retak retak merupakan penyakit pada pengecap yang menciptakan pengecap yang menciptakan pengecap tampak mirip terbelah atau retak retak. Garis retakan yang muncul jumlahnya kadang hanya satu dan berada di tengah lidah. Namun bisa juga bercabang cabang kondisi ini tidak terlalu membahayakan, tapi sewaktu waktu sanggup menimbukan perih dan nyeri di lidah.

Baca Juga: