Perang Dunia I di Eropa

Perang Dunia I di Eropa

Perang Dunia I di Eropa

Perang Dunia I di Eropa
Perang Dunia I di Eropa

Perang Dunia I (PDI) adalah sebuah  perang global terpusat di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Pada abad ke-19, penjajahan bangsa-bangsa Eropa telah tersebar luas. Bangsa Eropa seperti Inggris dan Prancis telah membangun kekuasaan penjajahan di keempat penjuru dunia. Pada awal abad ke-20 hubungan yang didasarka pada kepentingan telah membagi Eropa menjadi 2 kutub yang berlawanan. Inggris, Rusia, dan Prancis berada di satu pihak dan Jerman beserta Kekaisaran Austria-Hungaria. Ketegangan antara kedua kelompok semakin meningkat. Hingga akhirnya suatu pembunuhan pada 1914 menjadi pemicu perang. Pangeran Franz Ferdinand pewaris takhta Kekaisaran Austria-Hungaria, dibunuh oleh kaum Nasionalis Serbia yang berusaha menekan pengaruh Kekaisaran tersebut di Balkan.

Faktor Penyebab Perang Dunia I

a. Pertentangan Antarnegara
b. Politik mencari kawan (System of Alliances)

Pihak-pihak yang terlibat dalam Perang Dunia I

Anggota blok sentral yang dipimpin oleh Jerman terdiri atas  Jerman, Auatria, Turki, Bulgaria. Adapun Blok sentral dopimpin oleh Amerika berjumlah 23 negara yaitu, Prancis, Inggris, Rusia, dan negara-negara di Eropa Barat lainnya.

Jalannya Perang Dunia I

Perang antara Austria dan Serbia, meluas karena melibatkan sekutu-sekutunya. Peperangan terjadi di dua front yaitu Barat dan Timur. Jerman menghadapi Prancis di front Barat dan Rusia di front Timur. Jerman merencanakan untuk menghancurkan Prancis di front Barat sebelum menghadapi Rusia di Timur. Prancis dapat menahan Jerman di sungai marne. Inggris tetap dapat menguasai selat Inggris serta Rusia tetap bertahan di Prusia. Sementara perang berjalan lambat, kedua belah pihak berusaha memperkuat dirinya di luar Eropa dengan memperluas daerah jajahannya. Untuk memecahkan Blokade Inggris, Jerman pada 31 Januari 1917 melancarkan perang kapal selam tak terbatas. Akibatnya 5 kapal dagang dan penumpang Amerika Serikat di tenggelamkan Jerman pada Maret 1917. Pasukan Jerman bertahan mati-matian sambil mundur menahan gempuran-gempuran Sekutu.  Akhirnya pada 11 November 1918 menandatangani perjanjian gencatan senjata menurut syarat-syarat yang ditentukan pihak sekutu. PD I berakhir setelah Jerman menandatangani perjanjian Versailles pada 28 Juni 1919.

Akibat Perang Dunia I

  1. Bidang Politik

Wilayah kekuasaan negara-negara yang berperang mengalami    perubahan. Muncul pula paham-paham baru seperti fasisme, di Itali, nazisme di Jerman, Nasionalisme, Militarisme, dan Komunisme.

  1. Bidang Sosial

Memunculkan keinginan perdamaian maka di bentuklah league of nations/ Liga Bangsa-bangsa pada 1919.

  1. Bidang Ekonomi

Terjadi krisis ekonomi yang dahsyat melanda dunia. Hal ini dikenal dengan sebutan “malaise” 1929

 

Baca Artikel Lainnya: