Search Engine Optimization

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization
Search Engine Optimization

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses sistematis untuk meningkatkan volume atau kualitas kunjungan melalui mesin pencari menuju situs tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Secara sederhana, tujuan SEO adalah menempatkan situs pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan

*Note :
Jika kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

 

Sejarah Singkat

Perlu diperhatikan, yang dimaksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO adalah website yang berada di urutan atas hasil pencarian alami (Organic Search) atau disebut dengan SEO, bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads) atau biasa disebut non-SEO. Perbedaannya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

 

Keuntungan Melakukan SEO

Dari sekian banyak keuntungan dari melakukan SEO, keuntungan utama dari melakukan SEO diantaranya yaitu :

1. Mendatangkan Traffic yang Banyak

Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

2. Meningkatkan Penjualan

Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

3. Meningkatkan Daya Saing

Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

 

Jenis Optimasi SEO

1. SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

  • Riset keywords untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image

2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger

 

Jenis Teknik SEO

1. Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang kotor, yang apabila dipergunakan akan mendapatkan hukuman yang fatal dari Google dan teknik black hat SEO ini juga sangat dibenci oleh Google. Karena melanggar TOS Google dan merupakan suatu teknik optimasi SEO yang curang, dan instan.

Dengan menggunakan teknik black hat SEO tentunya web / blog akan lebih cepat dan singkat mendapat posisi yang baik di Search Engine Result Page (SERP), dibandingkan jika menggunakan white hat SEO yang memerlukan waktu yang agak lama, tapi black hat SEO ini sangat beresiko. Jika kita menggunakan teknik black hat SEO ini dan ketahuan, maka blog / web yang bersangkutan akan di tendang oleh mesin pencari dari hasil pencarian. Akibatnya diantaranya adalah penurunan trafik, pagerank, dan masuk kedalam penjara Google.

2. White Hat

White Hat SEO adalah suatu teknik optimasi SEO yang bersih, teknik optimasi SEO yang dianjurkan dan yang aman apabila digunakan.

Dengan menggunakan teknik white hat SEO, perlahan tapi pasti blog kita akan mendapatkan hasil yang memuaskan di hasil pencarian. Memang memerlukan waktu yang agak lama, serta kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dengan teknik white hat SEO ini namun cara inilah yang paling aman diabndingkan jika kita menggunakan teknik black hat SEO yang cepat, instan namun sangat beresiko.

 

SEO & Non-SEO

Seperti yan sudah dijelaskan diawal, web yang memakai SEO adalah web yang tampil pada hasil pencarian tanpa menggunakan bantuan google ads (iklan), sedangkan web Non-SEO adalah web yang tampil pada hasil pencarian dengan menggunakan bantuan google ads (iklan).

Untuk mengetahui lebih jauh tentang SEO dan Non-SEO, kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan masing – masing pada table berikut.

Hasil pencarian non-SEO tidak memiliki nilai sama sekali. Jika Anda bisa mengoptimisasi keduanya, non-SEO dan SEO dengan sangat baik, maka hal tersebut akan lebih baik dibandingkan hanya menggunakan salah satunya saja. Karena masing-masing saling melengkapi.

*Note : Hasil pencarian non-SEO biasanya dipakai oleh situs web baru agar bisa cepat memasarkan produk atau jasanya untuk mendapatkan keuntungan, sambil terus mengoptimisasi situs web tersebut secara SEO.

 

 

Sumber : https://bimbel.co.id/