Sejarah Misteri Kucing Hitam

Sejarah Misteri Kucing Hitam

Sejarah Misteri Kucing Hitam

Sejarah Misteri Kucing Hitam
Sejarah Misteri Kucing Hitam

Sobat sebenarnya semua benda itu netral. Hanya saja persepsi kita lah yang memberikan makna terhadap benda-benda disekitar kita. Seperti halnya kucing hitam yang dianggap sebagai simbol mistis dari dulu hingga saat ini. Bentuk kucing yang unyu-unyu itu harus sirna kertika sudah dibalut warna hitam.

Selama berabad-abad, simbol kucing hitam selalu muncul dalam acara-acara yang berkaitan dengan dunia mistis

Seperti pada malam Halloween, malam kebesaran bagi makhluk mistis. Selain itu, kucing hitam juga menjadi hewan kepercayaan penyihir, pembawa sial dan berbagai hal negatif yang semakin menggelapkan reputasi si kucing hitam.

Sebenarnya sejak kapan kepercayaan buruk terhadap kucing hitam ini mulai terbangun? Berikut ini www.kumpulansejarah.com akan Mengungkap Sejarah Misteri Kucing Hitam.

Mitos tentang kucing hitam terbangun kala jaman babylonia kuno dahulu

Saat itu bangsa ini menjadikan kucing hitam sebagai salah satu menu sesaji yang dibakar untuk persembahan upacara ritual. Kucing hitam menjadi salah satu menu sesaji karena dianggap sakti.

Pasalnya bangsa Babylonia pernah menemukan seekor kucing hitam yang tidur ditengah-tengah seekor ular dengan sangat pulasnya. Padahal ular merupakan lambang dari kejahatan. Dari situlah kucing hitam dianggap mempunyai kesaktian dan dekat dengan hal-hal mistis.

Ternyata pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan

Berikut ini beberapa mitos terkait kucing hitam yang berkembang di negara-negara di dunia

Di Jerman, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang sakit, kematian akan datang pada orang yang sakit itu. Lain lagi dengan kepercayaan orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalanan Anda melihat seekor kucing hitam yang sedang menyebrang di tengah bulan purnama, mereka percaya bahwa Anda akan terserang suatu epidemik.

Beranjak ke Firlandia, masyarakat di sana percaya bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka. Di China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.

Ceritanya sedikit berubah ditempat lain, di India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Ada satu legenda dari Bengali bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga.

Masyarakat Celts percaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Druids pada masa Inggris kuno percaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya kemudian di hukum menjadi seekor kucing hitam.

Di Mesir, kucing hitam justru jadi idola dan diperlakukan khusus. Pernah ditemukan sebuah makam yang berisi ribuan mumi kucing hitam. Selain itu, siapa pun yang membunuh kucing hitam, bisa diancam hukuman mati. Mereka menganggap kucing sangat spesial karena kucing dipercaya memiliki kemampuan merasakan yang terjadi di sekelilingnya, meski di malam hari.

Di Britania dan Jepang jika seekor kucing hitam memotong langkah kita saat sedang berjalan, artinya akan ada keberuntungan. Sementara, di Amerika dan Eropa justru sebaliknya.

Sedangkan legenda Skotlandia, seekor kucing hitam yang nongkrong di teras rumah kita dipercaya membawa kemakmuran. Petani Latvia percaya kucing hitam yang bermain ke sawah mereka adalah titisan Rungis, si Dewa Panen.

Ada kepercayaan yang berkembang di Rusia, jika ada kucing hitam yang melintas di depan kita, maka kita harus jalan berbalik arah sambil memegang kancing baju atau jaket yang sedang kita pakai, untuk menghindari kesialan

Kepercayaan lain mengatakan bahwa kucing hitam adalah partner para penyihir untuk menyelesaikan their evil deeds. Mereka akan terbang dengan sapu lidi mereka dan mulai membuat keributan tetapi kepercayaan yang satu ini diakhiri dengan memberikan mereka permen-permen yang manis untuk mengantisipasi para penyihir itu agar tidak membuat keonaran.

Nah Sobat, Itulah beberapa mitos menarik seputar kucing hitam. Sebenarnya begitu berat derita yang dialami kucing hitam, bagaimana tidak, gara-gara mitos ini, kucing hitam seringkali ditelantarkan dan susah diadopsi. Bahkan toko hewan atau perawatan hewan bahkan harus menurunkan harga adopsi atau menawarkan perawatan gratis untuk kucing hitam karena sepinya peminat.

Padahal, bulunya yang legam serta matanya yang berwarna kuning terang yang membuatnya terlihat mistis itu kandungan pigmen melanin yang tinggi, bukan hasil ritual penyihir di bawah bulan purnama.

Baca juga artikel: