Sejarah Terbentuknya Benua Amerika

  Sejarah Terbentuknya Benua Amerika

Sejarah terbentuknya benua Amerika ini dibedakan menjadi dua periode yaitu kedatangan Ras Mongolod dari Asia ke Benua Amerika (sebelum kedatangan Kritoforus Columbus) dan penjelajahan samudra hingga penemuan benua Amerika oleh Kritoforus Columbus.

2.1.1 Kedatangan Ras Mongoloid dari Asia ke Benua Amerika

Benua Amerika tidak memiliki penduduk asli. Sampai saat ini di Benua Amerika belum pernah ditemukan jenis manusia primitif seperti manusia Jawa atau manusia Peking (manusia purba). Para arkeolog maupun para antropolog hingga kini belum pernah menemukan fosil manusia purba yang mirip kera seperti meganthropus Paleojavanicus dll yang ditemukan di Jawa. Sesungguhnya kera bukan asli jenis binatang yang berasal dari benua Amerika karena berdasarkan hasil penelitian purbakala, di benua ini belum pernah ditemukan fosil kera.

Para ahli sependapat bahwa nenek moyang bangsa Indian adalag varietas-varietas jenis Homo Sapiens yang telah mengalami evolusi. Menurut para ahli purbakala berpendapat bahwa mereka mulai menetap di benua baru yaitu Amerika srjak Kala Pleistosen (Zaman Es sekitar 34.000-30.000 SM) setelah mendapat perlengkapan kebudayaan, pakaian hangat, dan tempat berlindung yang memadai untuk mempertahankan hidup alam dalam iklim dingin di daerah baru. Mereka diduga berasal dari daratan Asia yakni ras Mongoloid yang datang ke benua Amerika melalui rute Siberia-Selat Bering menuju Alaska yang pada waktu itu masih terdapat jalan darat. Belum ada bukti yang menjelaskan sebab-mereka bermigarsi ke Benua Amerika.

baca juga :

Pos-pos Terbaru