Sumber Utama Input Perumusan Kebijakan Luar Negeri

Sumber Utama Input Perumusan Kebijakan Luar Negeri

Sumber Utama Input Perumusan Kebijakan Luar Negeri

Sumber Utama Input Perumusan Kebijakan Luar Negeri

Sumber-sumber utama yang menjadi input

dalam perumusan kebijakan luar negeri, yaitu:

1) Sumber sistemik (systemic sources), merupakan sumber yang berasal dari lingkungan eksternal suatu negara. Sumber ini menjelaskan struktur hubungan antara negara-negara besar, pola-pola aliansi yang terbentuk negara-negara dan faktor situasional eksternal yang dapat berupa isu area atau krisis. Yang dimaksud dengan struktur hubungan antara negara besar adalah jumlah negara besar yang ikut andil dalam struktur hubungan internasional dan bagaimana pembagian kapabilitas diantara mereka. Sementara faktor situasional eksternal merupakan stimulan tiba-tiba yang berasal dari situasi internasional terakhir.

2) Sumber masyarakat (societal sources), merupakan sumber yang berasal dari lingkungan internal. Sumber ini mencakup factor kebudayaan dan sejarah, pembangunan ekonomi, struktur sosial dan perubahan opini publik. Kebudayaan dan sejarah mencakup nilai, norma, tradisi dan pengalaman masa lalu yang mendasari hubungan antar anggota masyarakat.

Pembangunan ekonomi mencakup kemampuan suatu negara untuk mencapai kesejahteraan sendiri. Hal ini dapat mendasari kepentingan negara tersebut untuk berhubungan dengan negara lain.

Struktur sosial mencakup sumberdaya manusia yang dimiliki suatu negara atau seberapa besar konflik dan harmoni internal dalam masyarakat. Opini publik juga dapat menjadi faktor dimana penstudi dapat melihat perubahan sentimen masyarakat terhadap dunia luar.

3) Sumber pemerintahan (governmental sources), merupakan sumber internal yang menjelaskan tentang pertanggung jawaban politik dan struktur dalam pemerintahan. Pertanggungjawaban politik seperti pemilu, kompetisi partai dan tingkat kemampuan dimana pembuat keputusan dapat secara fleksibel merespon situasi eksternal. Sementara dari struktur kepemimpinan dari berbagai kelompok dan individu yang terdapat dalam pemerintahan.

4) Sumber idiosinkratik (idiosyncratic sources), merupakan sumber internal yang melihat nilai-nilai pangalaman, bakat serta kepribadian elit politik yang mempengaruhi persepsi, kalkulasi dan prilaku mereka terhadap kebijakan luar negeri. Disini tercakup juga persepsi seorang elit politik tentang keadaan alamiah dari arena internasional dan tujuan nasional yang hendak dicapai. (Perwita & A. Yani, 2005:57-58)

Para perumus kebijakan luar negeri adalah orang-orang yang dihadapkan pada situasi-situasi tertentu, yang bertanggung jawab terhadap orang lain, yang ditekan beragam oleh beragam situasi dan dipaksa untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu sifat politik luar negeri mempengaruhi berbagai problema keputusan yang dihadapi oleh para pengambil keputusan. 


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/