Tingkat Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Tingkat Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Tingkat Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Tingkat Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi
Tingkat Pendapatan Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi yang Tinggi

Tidak ada suatu ukuran standar mengenai bagaimana tinggi pendapatan suatu negara yang harus dicapai, akan tetapi berdasarkan perbandingan pada negara lain tentu saja dapat diketahui apakah pendapatan nasioal suatu negara lebih besar atau lebih kecil dari negara lainnya.

Tentu saja kondisi yang diharapkan adalah bila pendapatan nasionalnya lebih tinggi dari pendapatan nasional negara lain. Membandingkan tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan negara lain adalah ukuran relatif, sedangkan untuk mendapatkan gambaran absolut adalah dengan adalah dengan membandingkan pendapatan perkapita suatu negara dengan negara lain.

Tingkat pendapatan perkapita adalah perbandingan antara pendapatan nasional suatu negara lain. Tingkat pendapatan perkapita adalah perbandingan antara pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya. Misalkan negara A tahun 1996 berpenduduk 1000 jiwa dengan pendapatan nasional sebesar USD 5 juta dan tahun 1997 sebesar USD 5,5 juta, sedangkan Negara B berpenduduk 10.000 jiwa dengan pendapatan nasional sebesar USD 8 juta tahun 1996 dan USD 8,7 juta pada tahun 1997.

Secara relatif maka negara B memiliki pendapatan nasional yang tinggi dibandingkan dengan negara A, akan tetapi bila dibandingkan antara pendapatan perkapitanya (pendapatan perkapita = Pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk ) yaitu negara A yang yang sebesar USD 5 juta/1000 = USD 5000, sedangkan negara B pendapatan perkapitanya adalah sebesar USD 8juta/10000 = USD 800. Dari pendapatan perkapita ini dapatlah diketahui bahwa secara absolut negara A memiliki pendapatan nasional yang tinggi dibandingkan dengan negara B. Tingginya tingkat pendapatan nasional (berdasarkan pendapatan perkapita) mencerminkan tingginya jumlah barang dan jasa yang dihasilkan dan ini berarti bahwa tingkat kemakmuran masyarakatnya pun relatif baik.

Akan halnya dengan tingkat pendapatan nasional yang tinggi, maka tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak dikarenakan tingginya pendapatan nasional secara relatif, melainkan seberapa besar produktivitas penduduk negara tersebut mampu meningkatkan pendapatannya secara kumulatif. Dengan demikian bila saja pertumbuhan jumlah penduduk relatif tetap diiringi oleh naiknya tingkat pendapatan perkapita maka pertumbuhan ekonomi dikatakan tinggi dihitung berdasarkan angka pendapatan nasional

Sumber :¬†https://www.diigo.com/item/note/74×26/058o?k=28ad883a2d2df097782a442a3d8a5786