EVALUASI PENDIDIKAN
A. Karakteristik dan Fungsi Evaluasi Pendidikan
Karakteristik evaluasi pendidikan meliputi :
1. Memiliki implikasi tidak langsung terhadap siswa yang di evaluasi.
2. Lebih bersifat tidak lengkap.
3. Mempunyai sifat kebermaknaan relative.
Fungsi evaluasi pendidikan meliputi :
1. Sebagai alat evaluasi peserta didik apakah telah menguasai pengetahuan, nilai-nilai dll nya.
2. Mengetahui kelemahan peserta didik dalam belajar.
3. Mengetahui tingkat ketercapaian peserta didik.
4. Sebagai umpan balik antara guru dan peserta didik.
5. Perkembangan belajar siswa.
6. Laporan hasil belajar.
B. Prinsip-Prinsip Evaluasi pendidikan
1. Evaluasi masih harus dalam kisi-kisi tujuan yang ditentukan.
2. Evaluasi sebaiknya dilakukan secara komprehensif.
3. Evaluasi diselenggarakan dalam proses yang kooperatif antar guru dengan murid.
4. Evluasidilaksanakan secara kontinyu.
5. Evaluasi harus perduli dan mempertimbangkan nilai-nilai yang berlaku.
C. Cakupan Evaluasi
1. Pencapaian akademik .
2. Kecakapan / kepandaian.
3. Penyesuaian personal.
D. Syarat-syarat Evaluasi antara lain : valid, handal, objektif, seimbang, membedakan norma, fair, dan praktis
E. Tujuan Evaluasi.
1. Menilai ketercapaian atau tujuan.
2. Mengukur aspek-aspek belajar yang bervariasi.
3. Motivasi belajar siswa.
4. Hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum.
5. Sebagai sarana untuk mengetahui apa yang siswa ketahui.
Baca Juga: