KONSEP KOMUNIKASI MASSA

KONSEP KOMUNIKASI MASSA

Konsep komunikasi massa pada satu sisi mengandung pengertian suatu proses di mana organisasi media memproduksi dan menyebarkan pesan kepada publik secara luas dan pada sisi lain merupakan proses di mana pesan tersebut dicari, digunakan, dan di konsumsi oleh audience. Pusat dari studi mengenai komunikasi massa adalah media.

  1. TEORI-TEORI KOMUNIKASI MASSA

Teori-teori awal mengenai komunikasi massa lahir melalui berbagai penelitian yang didorong oleh perhatian terhadap pengaruh politik terhadap pengaruh politik terhadap media surat kabar.

  1. Formula Laswell, oleh seorang ilmu politik Amerika Serikat pada tahun 1948 yaitu teori dan penelitian komunikasi massa.
  1. Pendekatan Transmisional, teori ini menjelaskan suatu proses komunikasi dengan melihat komponen yang terkandung di dalamnya.
  1. Pendekatan Psikologi-Sosial

Berdasar pada prinsip keseimbangan kognitif yang dikemukakan oleh psikolog Heider (1946) dan penerapannya oleh Newcomb (1953) pada keseimbangan antara dua individu dalam proses komunikasi ketika menanggapi suatu topik tertentu.

  1. Stimulus-Respons

Prinsip ini pada dasarnya merupakan suatu prinsip belajar yang sederhana, di mana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu.

  1. Komunikasi Dua Tahap dan Pengaruh Antarpribadi

Teori ini berawal dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Paul Lazarsfield dan kawan-kawannya mengenai efek media massa dalam suatu kampanye pemilihan Presiden AS pada tahun 1940.

  1. Difusi Inovasi

Dalam teori ini, dikatakan bahwa komunikator yang mendapatkan pesan dari media massa sangat kuat untuk mempengaruhi orang-orang.

sumbe :

https://areaponsel.com/seva-mobil-bekas/